Kantong Tebal Dari Peluang Bisnis Bimbingan Belajar

Bisnis Rumahan Bimbingan BelajarKebutuhan belajar siswa tidak cukup jika hanya dilakukan saat berada di sekolah saja, terkadang para orang tua menginginkan agar anak-anaknya lebih pintar sehingga mereka memberikan pendidikan atau les tambahan di luar jam sekolah.

Tingginya kebutuhan para siswa untuk menambah waktu belajarnya, ternyata menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Anda bisa memperoleh penghasilan yang besar dengan membuka tempat les atau bisnis bimbingan belajar bagi mereka lengkap dengan fasilitas yang dibutuhkan layaknya sekolah pada umumnya.

Selain menguntungkan, bisnis rumahan yang satu ini juga akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun juga. Jadi, apabila Anda bisa mengelolanya dengan baik tidak menutup kemungkinan bila bisnis bimbingan belajar ini bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Namun, apabila Anda tidak mampu mengelola bisnis ini sendirian maka Anda bisa mencari pegawai untuk membantu mengelola tempat bimbingan belajar sekaligus sebagai guru les atau tenaga pengajar tambahan. Hal ini agar Anda tidak kerepotan menjalankan bisnis rumahan sendirian dan tidak akan kekurangan tenaga pengajar.

Konsumen

Target utama dalam menjalankan bisnis bimbingan belajar ini adalah para siswa dari mulai sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Dalam hal ini, Anda bisa mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkatan atau jenjang sekolah yang Ia tempuh saat ini.

Memulai Bisnis

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha rumahan ini, maka Anda dapat memperhatikan beberapa tips bisnis berikut sebelum memulai bimbingan belajar berikut ini.

1. Visi dan Misi

Sebelum memulai bisnis bimbingan belajar, Anda harus menentukan visi misi dari bisnis yang akan Anda jalankan. Bisnis yang Anda jalnkan ini tentu saja tidak hanya dilakukan untuk meraup keuntungan semata.

Sebagai pelaku bisnis sekaligus pengajar dalam bisnis bimbingan belajar ini Anda harus memiliki visi dan misi yang baik yaitu mencerdaskan anak bangsa. Jika bisnis bimbingan belajar milik Anda memiliki banyak perhatian khusus dan kepercayaan dari banyak orang karena telah membantu para pelajar untuk mengerti berbagai mata pelajaran dengan baik maka keuntungan tersebut akan datang dengan sendirinya sehingga kantong tebal dari bisnis bimbingan belajar.

2. Konsep

Bisnis bimbingan belajar yang Anda miliki harus mempunyai konsep yang tepat. Karena, sekarang ini telah banyak sekali dibuka tempat bimbingan belajar di berbagai kota. Hal inilah yang dapat Anda jadikan sebagai tantangan bisnis bagi Anda.

Konsep yang segar tentu saja bisa menarik banyak pelajar untuk masuk dan ikut bergabung ke bimbingan belajar yang Anda dirikan. Anda bisa melakukan sebuah riset untuk mencari konsep yang mencerahkan sebelum Anda memulai bisnis dan benar-benar mendirikannya.

3. Kurikulum

Pemerintah mempunyai kurikulum pendidikan yang berbeda untuk setiap jenjang pendidikan. Disini tugas Anda adalah mencari tahu tentang kurikulum ini dn kemudian mengadaptasinya ke dalam kurikulum bisnis bimbingan belajar yang Anda jalankan.

Melakukan sebuah inovasi yang baik untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum adalah suatu tindakan yang harus Anda lakukan agar para pelajar lebih tertarik dan memilih untuk masuk ke dalam bimbingan belajar yang Anda kelola.

Keuntungan Bisnis

Keuntungan yang akan Anda peroleh dari bisnis rumahan ini adalah sebagai berikut.

  1. Pasar marketnya tidak akan pernah habis, karena setiap anak pasti akan membutuhkan pendidikan.
  2. Tempat untuk memulai bisnis bimbingan belajar ini dapat dimulai dengan memanfaatkan garasi rumah atau ruangan kosong yang tidak terpakai.
  3. Bisnis bimbingan belajar merupakan bisnis yang sangat potensial untuk jangka waktu yang panjang selagi masih ada anak-anak yang bersekolah maka bisnis ini akan terus berjalan.

Hambatan Bisnis

Mencari pelanggan merupakan salah satu hal yang paling sulit dalam memulai bisnis, karena selain persaingan sesama bisnis bimbingan belajar yang semakin banyak, Anda harus perlu memperhitungkan juga bahwa saat ini beberapa orang tua murid lebih memilih untuk memanggil guru privat ke rumah.

Strategi Pemasaran

Bisnis Bimbingan BelajarApabila sebelumnya Anda telah menyusun konsep serta layanan yang cukup istimewa dari sebuah bisnis bimbingan belajar, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi yang tepat sasaran  agar bisa menarik calon pengguna jasa bimbingan belajar milik Anda sebanyak mungkin.

Untuk cara promosi dan strategi pemasaran, Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut ini.

  1. Promosikan bisnis bimbingan belajar Anda dengan brosur, cara ini cukup efektif untuk disebarkan kepada anak-anak sekolah. Apalagi jika brosur yang Anda sebarkan dibuat dengan desain yang semenarik mungkin dan pemilihan gambar yang bagus. Hal tersebut tentu saja menjadi nilai tambah bagi bisnis bimbingan belajar milik Anda.
  2. Pemasaran dengan cara dari mulut ke mulut, awali dari orang-orang disekitar lingkungan rumah tempat tinggal Anda. Cara ini akan sangat efektif jika Anda mengawalinya dengan melakukan pendekatan pada orang tua calon murid bimbingan belajar Anda.
  3. Strategi pemasaran dengan menggunakan sistem diskon jika murid bimbingan belajar Anda ada yang mengajak serta temennya untuk ikut bergabung menjadi murid di bimbingan belajar milik Anda, maka aka nada diskon khusus bagi anak tersebut.

Kunci Sukses

Pegawai yang Anda pilih sebaiknya harus diseleksi dengan ketat dan sungguh-sungguh, karena menjadi seorang tenaga pengajar harus membutuhkan kesabaran dan kharisma tersendiri dalam menghadapi murid mulai dari anak-anak hingga usia remaja. Mereka akan cenderung lebih suka bersenang-senang jika dibandingkan dengan belajar. Jika pegawai yang Anda pilih dapat berkomunikasi dengan baik, maka siswa-siswa bimbingan belajar Anda akan betah belajar.

Sebagai salah satu hal untuk menarik para pelanggan, Anda bisa memberikan bonus kepada orang yang memilih tempat bimbingan belajar milik Anda. Bonus yang Anda berikan dapat bermacam-macam, mulai dari topi, tas, alat tulis dan lain sebagainya.  Selain itu, Anda juga bisa menyisipkan permainan-permainan disetiap jam bimbingan belajar tersebut sesuai dengan karakteristik umur siswa. Tujuannya agar siswa tidak cepat bosan dengan proses belajar yang diajarkan.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Peralatan
Papan tulis atau white board                      Rp   300.000,00
Kursi kursus                                  Rp 4.500.000,00 +
Jumlah                                        Rp 4.800.000,00
Perlengkapan
Buku-buku pelajaran                           Rp 250.000,00
Spidol                                        Rp  40.000,00
Penghapus                                     Rp  10.000,00 +
Jumlah                                        Rp 300.000,00                    

Perhitungan Laba/Rugi Per Bulan
Pendapatan
Iuran 15 anak @ Rp 150.000,00 per bulan 
Omzet = 15 anak x Rp 150.000,00 x 8 pertemuan        Rp 2.250.000,00

Biaya-biaya
Listrik                                             Rp   50.000,00
Kertas foto copy                                    Rp   50.000,00
Biaya perlengkapan                                  Rp  300.000,00
Biaya penyusutan peralatan                          Rp   99.979,00
Biaya lain-lain                                     Rp   50.000,00 +
Jumlah                                                     Rp 549.979,00 

Laba Bersih per bulan
= Pendapatan – biaya-biaya yang dikeluarkan
Rp 2.250.000,00 – Rp 549.979 =                             Rp 1.700.021,00

Semoga informasi peluang bisnis rumahan tersebut diatas dapat memberikan manfaat dan menginspirasi Anda dalam menentukan bisnis. Salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.fund-and-fun.com/tfiles/image/header-slide/3.png
2. http://lh3.ggpht.com/-OKvgd-2yJuE/UWDfGnwwc5I/AAAAAAAAATs/2nx9XedyQdM/s640/aktivitas%252520bimbel.jpg

7 thoughts on “Kantong Tebal Dari Peluang Bisnis Bimbingan Belajar”

  1. Mohon infonya jika ada contoh proposal untuk mendirikan lembaga pendidikan..khususnya lembaga pendidikan kursus komputer..terima kasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk sementara ini kami belum ada contoh proposal bisnis kursus komputer, akan tetapi beberapa waktu yang lalu kami pernah mengangkat informasi seputar peluang bisnis kursus komputer. Informasi lengkapnya dapat Bapak Hafiz akses melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. Saya sudah register namun pada saat login halaman yg dimaksud “not acceptable” mohon bantuannya. Thanks

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ada, saat ini BisnisUKM.com sedang dalam pengembangan sistem. Untuk mengakses artikel PELUANG BISNIS kami persilahkan Bapak Sunny untuk mencoba log in kembali dengan akun yang sudah ada. Keterangan “Not Acceptable” muncul karena adanya fitur proteksi dari website kami. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk informasi perizinan lembaga pendidikan non formal bisa diakskes melalui link berikut : KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba