Getuk Pisang Oleh-Oleh Jajanan Tradisional Jawa Timur Khas Kediri

Selamat pagi sahabat bisnisukm. Semangat pagi ini, yang lagi cari ide – ide usaha pagi ini harus semangat ya. Kali ini bisnis ukm bakalan mengulik nih oleh – oleh jajanan tradisional Jawa Timur khas kota Kediri. Hmm ada yang tahu ngak nih oleh – oleh khas Kediri? Ada 2 jenis jajanan yang wajib kamu cobain dan bawa pulang kalo kamu berkunjung ke kota ini. Uw, kira – kira apa nih yang bakalan kita bahas kali ini? Penasaran? yuk, langsung simak ulasan kita kali ini.

Selain tahu takwa, tidak lengkap rasanya kalau ke Kediri tidak membawa oleh-oleh gethuk pisang. Makanan ini sangat familiar jika kamu datang ke Kediri lho. Cita rasa yang khas dari getuk pusang ini manis legit yang bakalan menggoda selera kamu untuk selalu ingin menikmatinya lagi dan lagi. Gethuk pisang biasanya juga disebut gethuk gedhang dalam bahasa Jawa. Jajanan tradisional ini sangat khas pengemasannya, biasanya dibungkus dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong.

Keberadaan gethuk sebagai jajanan khas Kediri sudah ada sejak dahulu dan sudah menjadi jajana tradisional turun temurun. Belum pasti dari mana asal usul gethuk pisang itu sendiri. Harga yang ditawarkan cukup murah berkisar antara Rp 2.500 – Rp 5.000, cukup ramah dikantong bukan? Gethuk pisang bisa didapatkan di sepanjang jalan ke kota Kediri. Biasanya jajanan ini juga ditawarkan oleh pedagang asongan di bis – bis maupun di lapak – lapak pinggir jalan sampai pusat oleh – oleh khas Kediri.

mengulik-oleh-oleh-jajanan-tradisional-jawa-timur-khas-kediri

“Getuk Pisang” Jajanan Tradisional Jawa Timur

Sesuai namanya, gethuk pisang dibuat dari bahan – bahan buah pisang. Jajanan tradisional ini bentuknya bulat panjang, sekitar 15 sentimeter, dan berwarna merah kecoklatan. Biasanya jajanan ini dibungkus dengan daun pisang. Gethuk pisang dibuat khusus dari pisang Raja Nangka. Raja Nangka pilih karena punya aroma dan rasa yang khas manis asam. Rasa manis asam inilah yang membuat rasa gethuk pisang menjadi khas asam manis tanpa gula.

Proses pembuatannya jajanan tradisional ini sangat sederhana dan memang tidak susah. Hanya butuh ketelatenan saja. Nah buat kamu yang udah tahu caranya, tidak salah kan untuk mencobanya dan jadiin ini sebagai peluang bisnis di daerahmu. Jajanan ini juga dinilai cukup potensial untuk dikenalkan di daerahmu dan dijadiin sebagai jajanan baru di kotamu sebagai jajanan khas kota Kediri. Nah kita ada resep pembuatanya nih yang bakalan kita bagiin buat kalian yang mau coba bikin. Jadi ga perlu binggung lagi, check this out dibawah ini.

Resep Pembuatan Jajanan Tradisional Jawa Timur “Getuk Pisang”

Penasaran bagaimana cara membuat jajanan Jawa Timur khas kota Kediri ini ya pastinya? Yuk simak langsung aja, bahan apa saja yang dibutuhkan dan proses pembuatan gethuk pisang ini.

Bahan :

  • 3 buah pisang tanduk
  • 3 sdm tepung sagu
  • 100 gram gula bubuk
  • 100 ml santan kental
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk

Pelengkap :

  • 1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang
  • 1/4 sdt garam dan 1 lembar daun pandan
  • Daun pisang dan lidi penyemat

Cara Membuat :

  1. Pertama – tama pisang tanduk kukus dahulu hingga matang, kemudian angkat, selagi masih panas segera haluskan.
  2. Setelah itu campur dengan gula bubuk dan santan kental, tambahkan tepung sagu, aduk – aduk sampai merata. Jika semua bahan sudah tercampur rata maka siapkan daun pisang.
  3. Lalu ambil selembar daun pisang, bungkus adonan dan bentuk menyerupai lontong.
  4. Kemudian kukus selama 30 menit, jika sudah matang maka angkat dan dinginkan hingga mengeras.
  5. Kelapa setengah tua yang telah diparut campur dengan garam, aduk rata, beri daun pandan, lalu kukus hingga matang.
  6. Potong getuk pisang menurut selera dan taburi dengan kelapa parut, kemudian sajikan.
  7. Getuk pisang siap dinikmati.

Gimana setelah kamu tahu cara buatnya, bahan yang dibutuhkan ternyata mudah dan ga pake ribet ya? Tertarik buat dijadiin ide atau enggak nih? atau malah sudah ada bayangan buat jadiin ini peluang bisnis? Bagus kalo kamu bisa memanfaatkan kesempatan yang ada ini.

Semoga ide usaha jajanan tradisional ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan semoga ide – ide dan inspirasi jajanan tradisional kuliner ini bisa membantu memberikan gambaran jenis usaha yang paling cocok dan pas buat kamu.

Inspirasi Bisnis UKM

Untuk mendapatkan ide bisnis, inspirasi bisnis yang lebih banyak dan lebih menarik lagi kamu bisa pantau terus websitenya bisnisukm.com. Cuma di bisnis ukm kamu bisa menemukan berbagai jenis informasi bisnis terlengkap, yang membahas peluang usaha, inspirasi bisnis, pemasaran, video bisnis, bisnis online dan masih banyak lagi artikel yang bisa kamu ulik. Salah satu artikel yang bisa kamu coba pelajarin nih, isnpirasi dari pengusaha sukses. Buat yang mau mulai bisnis, ada tips nih memulai usaha harus yakin, 7 jurus ini sangat membantu.

Dan buat kamu yang mau bisnis tapi binggung mau menekuni bisnis apa dan binggung menentukan bisnis yang cocok dengan kamu. yang pastinya kalo kamu mau bisnis tapi ngak mau ribet memikirkan bahan, fasilitas dan strategi pemasaran dan sistem bisnisnya.

Sekarang gaperlu binggung lagi kamu juga bisa bergabung dengan beberapa mitra kami. Kami punya beberapa agen franchise yang bisa kamu ajak bergabung. Bisa dicek di menu kanan atas franchise & reseller atau bisa diklik disini.

Inspirasi Bisnis Kuliner

Buat kamu yang masih perlu dan pengen tahu banyak inspirasi, ide bisnis, tips dan trik memulai bisnis, merintis bisnis. Kamu bisa cek juga di bisniskuliner.id, di bisnis kuliner kamu bisa menemukan berbagai motivasi dari pengusaha sukses yang telah memiliki usaha sejak bertahun – tahun lalu. Pantengin terus dan pelajarin bagaimana cara merintis bisnis dari nol. Sedikitnya ada 100 lebih video hasil liputan dari pengusaha cafe, warung makan, restaurant. Mereka telah membagikan pengalamannya dalam merintis bisnis mulai dari memulai usaha, lokasi usaha, modal usaha, resep, produksi, keuangan, pemasaran, manajemen SDM dan pengembangan usaha.

Cara Membuat Produk Jadi Menarik

Buat kamu nih yang udah menentukan mau berbisnis apa tapi masih pusing masalah strategi pemasaran. Binggung bagaimana cara memasarkan produk dan membuat produk menjadi lebih terlihat menarik. Salah satu cara selain dengan gencar melakukan promosi dengan mengandalkan sosial media, memberikan diskon dan voucher kamu perlu membuat kemasan produkmu jadi lebih menarik.

Dengan membuat kemasan lebih menarik tentunya akan membantu menaikkan penjualan karena pelanggan pasti akan tertarik dengan kemasan yang unik, menarik dan pastinya kece. Sesuaikan dengan konsep produkmu dan produk yang kamu jual.

Kamu ngak perlu khawatir lagi karena kamu bisa kunjungi website didikemas.com. Cuma di dikemas kamu bisa menemukan berbagai jenis, model, ukuran kemasan. Mulai dari kemasan makanan, minuman, sncak dan fashion bisa kamu temukan.

Dan keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan order di dikemas kamu bisa konsultasi gratis, desain gratis, bahan berkualitas, bisa kirim ke seluruh Indonesia, kalo kamu beruntung kamu bisa dapet free ongkir dan masih banyak bonus lainnya lagi. Yuk, tnggu apa lagi kamu bisa cek di websitenya dulu atau mau tanya – tanya CS nya. Karena dikemas solusi kemasan paling rekomended.

Diolah dari berbagai sumber. 
Sumber gambar : https://kedirikekinian.com/manis-pahit-legit-ini-resep-mudah-bikin-gethuk-pisang-khas-kediri/

8 thoughts on “Getuk Pisang Oleh-Oleh Jajanan Tradisional Jawa Timur Khas Kediri”

  1. trima kasih ats pembuatan artikel ini, saya jadi tahu ternyata di kediri tidak hanya tahu ternyata masih ada getuknya.

    Reply
  2. Maaf, mau tanya. saya setiap mau bergabung menjadi member bisnisUKM kok selalu trobel kenapa ya… Miftah 085235747771

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

    Reply
  3. Terima kasih sudah memuat artikel ini. Saya pernah mencicipi jajanan ini dan bikin ketagihan.. Saya juga pernah mencoba membuat tapi hasilnya kurang bagus, terlalu lembek dan pecah.
    Apakah jenis pisang bisa diganti dan cara menghaluskan pisang yg msh panas itu dg apa?
    Apakah selain di kediri bisa ditemukan jajanan ini?
    Terimakasih, semoga bisnisukm selalu inspiratif :-)

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba