Hobi Menulis Mendatangkan Uang, “Self Publisher”

buku

Bagi orang yang gemar menulis, dunia ini sungguh sangat mengasikkan. Apalagi jika tulisan itu bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Anda bisa curhat dalam tulisan, bisa menuangkan isi pikiran Anda, bisa juga menuangkan ide-ide yang brilian Anda, bisa bercerita nyata atau juga fiksi atau tulisan-tulisan lainnya. Jika Anda ingin mengubah hobi tulisan menjadi sebuah bisnis maka tulisan Anda pun harus berkualitas, berbobot dan klo bisa disesuaikan dengan selera pasar saat ini.

Kegemaran menulis tidak serta merta diikuti oleh penerimaan naskah yang Anda ajukan ke penerbit. Untuk itulah menerbitkan sendiri  sebagai self publishing dapat Anda jadikan sebagai alternative terhadap naskah-naskah tulisan Anda. Sebagai permulaan dan jika modal Anda tidak terlalu besar, Anda hanya perlu mencetak karya Anda dan menjadikannya buku dalam beberapa eksemplar saja. Yang  jelas keuntungan yang lebih besar akan Anda peroleh dibanding jika Anda memberikan naskah kepada penerbit lain untuk diterbitkan.

Konsumen
Konsumen target Anda tentu saja bergantung pada peminat atau pembaca karya yang Anda terbitkan. Namun, ada baiknya Anda mencermati atau melakukan riset pasar untuk mengetahui apa buku-buku yang banyak diinginkan oleh pembaca. Misalnya saja buku novel, biografi, politik, dll.

Info bisnis
Untuk memulai usaha ini, Anda harus menulis sebuah karya, yakinlah bahwa karya Anda akan disukai banyak orang. Namun jika belum yakin, dapat membeli karya dari orang lain dengan system beli putus atau royalty. Selanjutnya, Anda harus mengedit dan membuat sampul sendiri atau membayar orang lain untuk melakukannya. Jika semua itu telah tertangani, bawalah ke percetakan untuk di cetak. Semakin banyak buku yang ingin Anda cetak, semakin murah harga yang akan dikenakan kepada Anda. Biasanya untuk mencetak, minimal 1000 buku untuk sekali cetak.

Kelebihan bisnis
Menjadi self publisher tidak membutuhkan banyak modal, yang dibutuhkan hanya seperangkat computer dan printer untuk produksi karya. Selebihnya mengandalkan kreativitas dan keahlian unutuk mengolah kata menjadi sebuah karya yang menarik dan layak jual. Mudah bukan dalam menjalankan bisnis ini??? Kemudahan ini memberikan keuntungan bagi masyarakat yang memiliki hobi menulis dan ingin menerbitkan sendiri karya mereka. Kegiatan menulis juga dapat dilakukan disela – sela kegiatan rutin kita, jadi tidak mengganggu kegiatan pokok yang sudah ada.

Kekurangan bisnis
Kendala dalam menjalankan usaha ini adalah ketidak yakinan atau ketidak percayaan Anda tentang laku tidaknya buku yang akan Anda terbitkan sendiri. Tapi itulah resikonya, sebab jika buku Anda tidak laku dipasaran, tentu kerugian akan Anda alami.

Pemasaran
Untuk memasarkan bisnis ini bisa dilakukan dengan menitipkan buku terbitan Anda di beberapa kios buku, atau toko buku yang ada di kota Anda. Selain itu Anda juga bisa menawarkannya pada rekan maupun kerabat dekat Anda melalui promosi dari mulut ke mulut. Jadi semakin banyak orang yang mengetahui informasi bisnis yang Anda jalankan.

Kegiatan promosi juga dapat Anda lakukan dengan memasang iklan di berbagai media, seperti media cetak maupun media elektronik. Agar masyarakat luas juga mengenal karya yang diterbitkan.

Kunci sukses
Sedangkan keberhasilan yang menentukan usaha ini adalah kemauan Anda untuk meminta pendapat dan opini dari orang lain sebelum Anda benar-benar menerbitkan karya Anda. Jika jumlah eksemplar buku yang Anda terbitkan sangat banyak, maka jangan khawatir, sebab sekarang banyak distributor buku yang dengan senang hati mau menyebarkan buku Anda diseluruh pelosok nusantara. Bagi Anda yang tertarik dengan hobi menulis mendatangkan uang “self publisher”, berikut kami berikan analisa usahanya.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Computer harga sedang                             Rp 3.500.000
Printer infuse                                    Rp 1.000.000+
Total                                             Rp 4.500.000

Analisa biaya dan pendapatan (Untuk buku kecil)
HPP per buku                                      Rp 2.000
Harga jual 5 x Rp  2000                           Rp 10.000
Oplah 3000 eksemplar                              Rp 30.000.000
Penjualan bruto 100%                              Rp 30.000.000
Royalty (asumsi: 10% dari harga jual)             Rp 3.000.000
Diskon rata-rata 40%                              Rp 12.000.000
Penjualan neto 50%                                Rp 15.000.000
HPP cetak Rp 2000 x 3000                          Rp 6.000.000
Laba kotor 30%                                    Rp 9.000.000

Biaya Operasional
Biaya marketing 7%                                Rp  2.100.000
Biaya administrasi 5%                             Rp  1.500.000+
Total                                             Rp  5.400.000

Laba bersih 
asumsi: semua buku laku habis
12% dari penjualan                                Rp  3.500.000
Royalti 10%                                       Rp  3.000.000+
Total                                             Rp  6.500.000

Sumber : buku 121 Peluang Bisnis Terpopuler

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/_tn9p8W26Wqg/ST6Uc9pB5SI/

15 thoughts on “Hobi Menulis Mendatangkan Uang, “Self Publisher””

  1. ini yg aku suka..
    lama aku mencari artikel yg bisa memberi gambaran biaya dan estimasi keuntungan jika hendak menerbitkan buku sendiri..
    makasih yah, mas..
    ijin disave di hard disk…
    makasih sekali lagi…

    buat teman2 yg sudah menerbitkan bukunya, ini saya share artikel dr kompasiana.com ttg ” 7 tips memasarkan buku self publishing ”

    http://hiburan.kompasiana.com/buku/2011/01/06/7-tips-pemasaran-buku-produk-self-publishing/

  2. Saya bingung, bagaimana dan kemana mempromosikan tulisan saya.Selain itu saya juga dapat membuat komik, melukis berdasarkan foto.Mohon kiranya dapat membantu memberikan jalan.
    Terimakasih atas bantuannya

  3. halo guy, kalau mw tau tentang self publishing bisa liat disini http://wawys.blogspot.com
    pembahasannya lengkap
    thx

  4. Saya ingin sekali membuat buku. Bisakah memberikan rekomendasi percetakan yang bagus kualitas dan harganya? terima kasih, salam

  5. Dear Bisnisukm,

    slm sukses,kami punya bbrp pertanyaan sbb :
    1. Dimana bs mendapatkan informasi cara/prosedur mengurus ijin penerbitan sebuah buku.
    2. Jika dicetak hanya beberapa eksemplar kemudian dijual, apakah memerlukan ijin juga? seperti ISBN dan sebagainya?
    3.Di mana alamat percetakan yg siap menerima naskah tulisan yg bertemakan seputar kesehatan keluarga yg dikaji secara islami dan ilmiah?
    4. BgmnProsedur mengirimkan sebuah karya ke percetakan

    Terimakasih

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba