Kemasan

Kemasan Makanan Ringan Untuk Usahamu!

kemasan-makanan-ringan-untuk-usahamu

Kemasan makanan ringan yang paling cocok untuk usaha anda ada berbagai macam jenis dan bentuk. Kemasan sendiri merupakan pembungkus yang digunakan untuk melindungi makanan dari paparan sinar matahari, suhu, dan udara. Tujuan dari pengemasan sendiri agar makanan menjadi lebih tahan lama dan memiliki usia lebih panjang. Namun seiring dengan berkembangnya zaman kini kemasan bukan berperan sebagai pembungkus saja. Kemasan digunakan sebagai salah satu penunjang keberhasilan suatu bisnis. Hal ini dikarenakan sekarang kemasan juga digunakan sebagai alasan untuk menarik para pembeli. Semakin menarik suatu desain kemasan maka pembeli akan tertarik dengan produk kita pula. Kemasan makanan sangat diperlukan bagi para pengusaha makanan ringan. Bahkan berbagai jenis kemasan diincar oleh pengusaha kuliner.

Semakin banyaknya para pengusaha kuliner maka keberadaan kemasan kini semakin banyak dicari. Jika dahulu kemasan fungsinya hanya sebagai pembungkus untuk melindungi dari sinar matahari dan oksigen. Kini para pengusaha kuliner berlomba-lomba membuat agar kemasan makanan ringannya terlihat lebih menarik. Bahkan para konsumen pun sekarang akan lebih tertarik dengan produk makanan yang menggunakan kemasan yang unik dan menarik. Bandingkan saja, kemasan yang tidak ada desain hanya polosan saja tentu konsumen akan enggan untuk membeli produk namun apabila kemasan yang digunakan menggunakan desain yang cantik maka konsumen pun lebih tertarik untuk membeli produk makanan ringan yang anda jual meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Contoh Jenis Kemasan Makanan Ringan

  1. Kemasan Makanan Side Gusset Pouch

Merupakan kemasan bantal karena bentuknya yang mirip bantal. Kemasan ini tidak memiliki zipper sehingga ketika sudah dibuka kemasan tidak dapat ditutup kembali. Namun kemasan ini merupakan trend baru yang memiliki karateristik praktis dan tahan lama. Kelebihan dari kantung ini ramah lingkuangan karena mudah terurai oleh lingkungan.

  1. Kemasan Makanan Stand Up Pouch

Kemasan yang satu ini sangat trend di dunia karena seringnya digunakan disana. Bentuk tampilannya yang tegak berdiri dengan menggunakan zipper sebagai penutupnya akan sangat membantu makanan yang dikemas menjadi tahan lama karena bisa ditutup kembali. Kemasannya yang menarik dengan tambahan zipper tentunya menjadi daya tarik tersendiri karena mempermudah dalam pengemsan tanpa mengurangi tekstur dan rasa.

  1. Kemasan Makanan Flat Buttom Pouch dengan Zipper

Kemasan ini sangat jarang digunakan karena harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan yang lainya. Namun apabila anda menjual cookies kemasan ini bisa menjadi salah satu pilihan.

  1. Kemasan Makanan Zipper Stand Up

Kemasan yang satu ini merupakan wadah berbentuk tegak dan berbahan plastic bening. Ketebalan 120 micron dengan material super clearpp. Kelebihan dari kemasan ini adanya zipper yang membantu kemasan dapat ditutup kembali setelah dibuka.

  1. Kemasan Makanan Pouch Full Foil

Merupakan kemasan dengan bahan alumunium foil, yang sanggup memberikan perlindungan produk dengan kualitas super. Kemasan yang mengandung struktur paling baik anti bocor,tahan terhadap sinar matahari dan kontaminasi lainnya. Kemasannya natural dan alami, maka sangat cocok untuk produk premium.

  1. Kemasan Makanan Standing Up Pouch

Penggunaan kemasan yang paling banyak digunakan pada UKM industry menengah hingga atas. Digunakan untuk mengemas produk cair maupun padat. Kelebihan lain dari kemasan ini adalah biasanya sudah terpasang zipper lock sehingga produk aman saat sudah dibuka akan dapat ditutup kembali.Bahan dari kemasan ini ada beberapa macam, ada yang dari alumunium foil, nylon bening.

  1. Kemasan Makanan Pouch Kombinasi Zipper

Kemasan yang satu ini menggabungkan beberapa keunggulan, dan dapat digunakan tegak berdiri. Memiliki metode ziplock agar dapat ditutup kembali. Pada sisi depan kemasan biasanya bening transparan untuk menampilkan produk. Bahan utama dari kemasan ini adalah alumunium foil yang dapat menjaga dari paparan sinar matahari dan partikel lainnya.

  1. Kemasan Makanan Side Gusset Pouch

Merupakan kemasan yang simple dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Bentuknya yang slim menjadikan kemasan ini tidak membutuhkan banyak ruang. Meski kemasan ini tidak memiliki zipper namun tetap mudah untuk ditutup kembali dengan penjepit. Bentuknya yang panjang seperti bantal ketika disi produk maka kemasan bisa didudukan berdiri.Bentuknya yang artistic dapat meningkatkan penjualan produk. Biasanya tersedia berbagai warna yang menambah menariknya suatu produk.

Beberapa contoh kemasan diatas dapat anda jadikan pandangan untuk digunakan mengemas produk makanan ringan yang akan anda jual.

Tips Memilih Kemasan Makanan Ringan Yang Cocok Untuk Usaha

Sebelum memulai sebuah usaha kuliner makanan ringan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian khususnya dalam memilih kemasan makanan yang cocok untuk usaha anda.

  1. Pilihlah Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Memilih jenis kemasan yang cocok untuk kebutuhan makanan ringan apa yang anda jual adalah hal yang pokok. Pilih sesuai dengan kebutuhan agar tidak terlihat aneh.

  1. Fitur Yang Tepat

Selanjutnya adalah dengan melihat fiur yang tepat, maksudnya adalah memilih kemasan yang anda gunakan untuk produk makanan anda terebut tepat atau tidak. Misalnya Zipper atau Vaccum. Biasnaya vaccum digunakan untuk mengemas produk untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu makanan. Sedangkan kemasan denga fitur zipper mampu melindungi dari paparan sinar matahari dan oksigen.

  1. Material Yang Tepat

Yang terakhir adalah memilih material yang tepat untuk kemasan anda. Apabila anda ingin makanan yang anda kemas tidak cepat basi maka gunakan kemasan berbahan material nylon. Karena dengan menggunakan bahan ini udara yang keluar tidak dapat masuk kembali.Sehingga bebas dari kuman yang menyebabkan basi suatu makanan.

  1. Kemasan Kendap Udara

Salah satu keriteria kemasan yang baik adalah yang kendap udara. Karena banyak factor adari luar seperti partikel, udara, debu dan virus yang dapat menganggu kesehatan. Maka pastikan kemasan yang anda gunakan tersebut aman seingga tidak terkontaminasi. Dengan memperhatikan kemasan yang kendap udara maka dapat menjaga pula rasa dan tekstur makanan.

  1. Kemasan Kendap Air

Kantong makanan yang kendap air banyak disukai untuk mengemas berbagai macam ringan. Sifatnya yang mampu menahan air dan fleksibel untuk berbagai produk menjadi pilihan yang sangat tepat. Hal tersebut karena beberapa makanan ringan sangat rentan dengan air yang akan menurun kualitasnya apabila terkontaminasi.

  1. Hindari Bahan Styrofoam

Hindari menggunkan jenis kemasan berbahan Styrofoam karena selain tidak sehat untuk digunakan bahan ini pun tidak aman. Mungkin kita sering sekali menjumpai berbagai makanan yang dibungkus dengan menggunkan kemasan tersebut. Bahan ini digunakan karena dinilai sangat murah dan tahan panas. Meski sudah dilapisi kertas minyak namun resiko larutnya material kimia mungkin terjadi.

  1. Hindari Kemasan berbahan Logam

Kemasan dengan menggunakan bahan logam berdampak buruk bagi kesehatan. Kualitas logam yang rendah memiliki resiko mudah terkelupas dan berkarat. Mungkin kemasan dengan menggunakan bahan logam ini memang efektif untuk mengemas makanan ringan dalam jangka panjang. Namun alangkah lebih baiknya anda menggunakann kemasan lain yang jauh lebih aman.

Berikut tadi adalah tips aman memilih bahan kemasan yang cocok untuk usaha kuliner anda agar produk anda tetap berkualitas tentunya juga aman dari kontaminasi virus.