Bisnis Kuliner

Kenapa Kamu Pilih Bisnis Kuliner Kekinian? Apa Enaknya Sih?

Kenapa Kamu Pilih Bisnis Kuliner? Apa Enaknya Sih?

Kenapa memilih bisnis kuliner kekinian? Apa alasan banyak para pelaku usaha menekuni bisnis kuliner kekinian? Bukan tanpa alasan jika para pelaku usaha lebih banyak yang tertarik untuk menjajal bisnis kuliner kekinian. Jika kamu jeli dan mampu peluang yang ada pasti sudah tahu jawabannya.

Melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyukai sesuatu yang praktis dan tidak ribet menjadi salah satu alasan. Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih menyukai jajan ketimbang masak sendiri dirumah. Selain karena alasan padatnya aktivitas sehingga tidak sempat memasak. Kini makanan dijadikan salah satu wisata kuliner. Maka kebanyakan orang menyantap makanan bukan hanya karena alasan makanan pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Namun juga untuk dijadikan tujuan wisata kuliner daerah.

Tidak dapat dipungkiri lagi semakin berkembangnya zaman maka sebanding dengan berkembangnya ragam kuliner. Adanya ide-ide baru dan inovasi baru tersebut datang dari kreatifitas para pelaku usaha. Kuliner kini hadir beragam dan tumbuh semakin unik dan menarik. Selalu ada menu baru yang menggoda untuk dicoba. Kombinasi berbagai bahan makanan yang pas dipadu padankan menjadi kuliner baru yang meledak dipasaran.

Ditambah lagi pangsa pasarnya yang dibidik adalah anak-anak muda milenial tentu sasarannya semakin luas. Bahkan jika dilihat kembali bukan hanya anak muda yang menggemari kulineran namun juga berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang tua.

Sebenarnya, apa sih enaknya bisnis kuliner kekinian?

Dari sekian banyak peluang bisnis yang sekarang ini lagi booming, bisnis kuliner kekinian ternyata masih menduduki posisi pertama yang diminati para pelaku usaha. Bukan cuma kalangan pengusaha muda saja yang berlomba-lomba membuat kreasi baru di bisnis kuliner, tapi juga jajaran pengusaha sukses yang sudah memiliki nama besar juga turut mengembangkan sayap bisnisnya di bidang kuliner kekinian.

Biar kamu nggak salah pilih peluang bisnis, berikut ini adalah catatan kecil kami tim BisnisUKM.com yang mengutip beberapa alasan rekan pembaca pada akhirnya juga memilih bisnis kuliner.

Atto says:
“Usaha kuliner emang nggak ada matinya. Test food dulu apa layak komersil kemudian test sale alias coba jual dalam jangka waktu tertentu kemudian perbaikan produk. Yang penting juga harga harus terjangkau.”

Medra says:
“Ide bagus tuh bisnis kuliner, saya juga dah coba eksperimen usaha kue pastel berbagai macam isi, cuma belum saya buka usaha ini. Kakak saya yang tertua sudah buka hasilnya lumayan mantap. Jaya terus pengusaha muda Indonesia, amin.”

Dodi Apriadi says:
“Saya baru akan mulai usaha kuliner mungkin dengan mobil keliling, tapi sekarang saya masih dalam tahap mempersiapkan peralatan (meja, kursi, dan alat2 yang lainnya) dan saya bertempat tinggal di daerah pariwisata Kuta Lombok yang pasarnya sangat mendukung.”

Farizqo says:
“Awalnya saya sedikit ragu dengan bisnis makanan, karena kan kalau tidak laku pasti basi, jadi kita bisa rugi. Tapi di sisi lain jika bisnis makanan laris, maka kita akan untung besar, bagai dua sisi mata uang.”

Imas maesyaroh says:
“Saya suka bisnis makanan, kebetulan ditempat saya bekerja sambil berjualan makanan dan hasilnya bisa lebih besar dari gaji bulanan.”

kenapa-kamu-pilih-bisnis-kuliner-kekinian

Kenapa banyak orang tergiur bisnis kuliner kekinian?

Keuntungan Berlipat

Mengapa banyak para pelaku usaha yang menekuni bisnis kuliner kekinian? Salah satunya karena keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini berkali lipat. Tentu hal tersebut tidak lepas dari inovasi yang kamu kembangkan. Jika dilihat kebanyakan harga bahan baku makanan relatif terjangkau.

Namun dengan adanya ide kreatif tentunya bahan yang sederhana bisa disulap menjadi kuliner yang sungguh menawan. Semakin unik dan menarik suatu kuliner maka tidak menutup kemungkinan jika harga jualnya pun bisa meningkat pula. Maka dari sanalah bisa mendapatkan keuntungan berkali berlipat.

Kuliner Yang Beragam

Banyaknya pilihan kuliner hadir dengan berbagai macam jenis yang ditawarkan mulai yang ringan sampai yang berat. Bisnis kuliner kekinian menjadi pilihan bisnis karena kuliner mudah untuk dijalankan. Bahkan dengan berbagai macam jenis kuliner yang ada kamu bisa bebas memilih kuliner apa yang cocok denganmu dan yang paling kamu sukai untuk tekuni.

Target Pasar Menyukai Kuliner

Banyaknya kemudahan dan keuntungan yang didapatkan dari memilih bisnis kuliner menjadikan nilai tambah. Selain itu target pasar bisnis kuliner terus mengalami peningkatan menjadi alasan tepat mengapa bisnis kuliner patut untuk kamu coba. Bisa kamu lihat sendiri penggemar kuliner kekinian semakin melonjak apalagi target pasarnya adalah anak-anak muda milenial. Sudah tidak bisa diragukan lagi pastinya akan ramai.

Destinasi Wisata Kuliner

Makanan menjadi tujuan wisata kuliner dibeberapa daerah. Kini banyak para anak milenial atau penikmat kuliner yang berburu kuliner bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan makan mereka. Namun dijadikan wisata berburu mencicipi sajian kuliner khas daerah. Dengan semakin banyaknya fenomena tersebut tentu kehadiran kuliner-kuliner baru yang menarik bisa menjadi trend.

Lokasi Usaha Yang Tidak Terbatas

Menekuni bisnis kuliner kekinian tidak terbatas masalah lokasi bisnis. Kamu bisa memilih lokasi dimana saja. Tidak melulu harus mencari lagi lokasi yang strategis jika kesulitan mendapatkan lokasi. Dengan adanya fasilitas sosial media akan membantu menemukan lokasi usaha dengan mudah. Jangkauannya bisa lebih luas dan besar untuk dapat dikenal masyarakat. Ditambah lagi jika kamu bekerja sama dengan Gofood dapat dipastikan semakin ramai dan mudah dalam memasarkanya.

Mudah Menemukan Tempat Yang Sesuai

Bukan salah satu hal yang sulit untuk mendapatkan lokasi usaha yang sesuai untuk menekuni bisnis kuliner tersebut. Dimanapun tepatnya asal strategi pemasarannya betul maka akan dengan mudah dikenal masyarakat.

Perputaran Untung Yang Cepat

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling banyak peminatnya. Sekarang ini siapa sih yang tidak menyukai kuliner? Segala jenis kuliner yang ditawarkan sekarang ini pasti selalu ramai pengunjung. Kuliner menjadi idola para masyarakat Indonesia yang rata-rata mempunyai kebiasaan jajan. Dengan banyaknya kuliner yang ditawarkan menjadikan kebudayaan masyarakat yang kini semakin menyukai sesuatu yang praktis dan tidak merepotkan.

Kemudahan Mengembangkan

Bisnis kuliner memiliki kelebihan kemudahan dalam mengembangkan. Jika kamu memiliki inovasi dan ide yang unik tentunya akan dengan mudah dikembangkan menjadi bisnis yang semakin besar. Apalagi jika kamu kreatif dalam memadukan bahan makan hingga menjadi satu menu yang menarik. Tentunya membuat penggemar tidak bosan dan semakin antusias dalam mencicipi kulinermu.

Mudah Dijalankan

Bisnis kuliner adalah satu bisnis sangat mudah dijalankan. Asalkan sudah mengetahui bahan yang diperlukan, bagaimana cara mengolahnya, strategi yang akan digunakan untuk memasarkan maka akan dengan mudah bisa dijalankan tanpa ribet. Mengingat pula bisnis kuliner kekinian sangat menjanjikan untuk ditekuni karena keuntungan yang diperoleh bisa berkali lipat tentunya akan semakin semangat ya untuk menjalankan.

Diskusi ini bakal terus berlanjut dan akan terus berulang dengan pertanyaan yang sama “Kenapa kamu pilih bisnis kuliner?” Kamu pun masih bisa ikut meramaikan diskusi ini melalui komentar dibawah tulisan ini. Yuk, kita tunggu suara hati kalian!

 

Sumber gambar  : https://dailysoccerdigest.com