Bisnis Kuliner

SMKN 1 Kudus Buka Resto, Dorong Siswanya Bisnis Kuliner Menjanjikan!

Menu makanan tradisional IndonesiaKudus – Dilihat dari bisnis kuliner yang menjanjikan menjadikan jurusan Jasa boga di SMKN 1 Kudus kini semakin menjadi favorit dan naik daun. Dibukanya program jurusan Jasa Boga ini ternyata tak hanya menjadi tempat pendidikan formal namun juga sebagai tempat pelatihan bidang jasa boga dengan kompetensi yang dipersyaratkan pada tingkat nasional. 

Bening Failes salah satu guru jasa boga di SMKN 1 Kudus menuturkan, lulusan program keahlian jasa boga didesain untuk mengisi lowongan kerja, sebagian melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi, dan sebagian lagi mengembangkan kerja mandiri atau berwirausaha di bidang kuliner.

“Ya salah satunya untuk mengenalkan siswa terhadap dunia kerja dan cara mengelola usaha, pihak sekolah mendirikan Resto Kudapan. Di situ siswa bisa praktik langsung, baik yang dari jurusan Jasa Boga maupun jurusan yang lain,” ungkapnya.

Resto Kudapan SMKN 1 Kudus Untuk Memfasilitasi Para Siswa

Jasa Boga SMKN 1 Kudus buka restoranResto Kudapan yang dibangun di sekitar SMKN 1 Kudus atau di Jalan Ganesha II, Purwosari, Kudus ini dibuka sejak tiga tahun lalu. Pembangunannya didukung oleh salah satu perbankan nasional dan industri rokok di Kudus. Resto yang memiliki pelanggan tetap para pegawai instansi ini dikelola guru dan dibantu siswa. Sehingga siswa tak hanya pandai memasak, tapi juga bisa belajar bagaimana mengelola sebuah usaha resto.

Baca Juga Artikel Ini :

Kreativitas Mahasiswa Mengolah Sukun Menjadi Aneka Kue

Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Resto yang buka Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB ini selain memiliki ragam menu istimewa, juga menyajikan menu spesial berbeda tiap harinya.

Untuk masalah rasa tak kalah dengan resto-resto mewah lainnya di Kudus, sehingga mampu bersaing di tengah maraknya perkembangan bisnis restoran di Kudus, meski yang memasak para siswa. Hal itu pula yang membuatnya dijadikan langganan para instansi atau dinas untuk menyajikan makanan ketika ada acara.

“Kami juga mempromosikan lewat media sosial, dan dari mulut ke mulut. Karena waktu pembukaan dihadiri pakar kuliner seperti Wiliam Wongso, sehingga menarik banyak media meliput. Secara tidak langsung, kami ikut dipromosikan,” papar Bening.

Bisnis Kuliner Menjanjikan Panen Omzet dan Prestasi di Kancah Internasional

Restoran jasa bosa SMKN 1 Kudus

Ia melanjutkan, hasil omzet dari bisnis resto tersebut juga dikelola lagi untuk pengembangan usaha. Di antaranya untuk perbaikan alat dan perlengkapan memasak, serta pengembangan program jurusan di SMKN 1 Kudus. Karena resto tersebut memang sebagai sarana pembelajaran.

Pada jurusan Jasa Boga, siswa diajarkan 30 resep masakan inti khas Indonesia. Siswa pun wajib menguasai 30 menu kuliner tersebut dengan baik dan benar. Hal itu untuk mengantisipasi lunturnya keberadaan kuliner asli Indonesia, karena munculnya ragam menu modern juga menu masakan asing.

“Diharapkan siswa mandiri dalam mengekspresikan dirinya sendiri dari kemampuannya menguasai ke-30 makanan kuliner yang dipelajari di sini. Dengan begitu makanan tradisional Indonesia tetap terus dilestarikan,” papar Bening.

Program jurusan yang ada sejak 4 tahun ini pun telah mencetak beberapa prestasi membanggakan. Di antaranya juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat kabupaten, siswanya juga diikutkan dalam expo di luar kota bahkan di luar negeri, seperti Qatar, Jerman, dan tahun ini direncanakan akan ke Jepang.

“Mereka diundang ke negara tersebut untuk mengenalkan dan mengajarkan masakan Indonesia ke kancah internasional. Karena masakan khas Indonesia mengandung rempah-rempah yang tidak digunakan pada masakan luar negeri,” tuturnya.

Bisnis Kuliner Menjanjikan! Siswa Mulai Merintis Bisnis Sampingan di Bidang Kuliner

Jasa Boga SMKN 1 Kudus dorong siswa berwirausaha sejak diniPada jurusan Jasa Boga juga didukung materi kewirausahaan. Yaitu diajarkan tentang pengelolaan usaha boga, siswa tak hanya dilatih bisa memproduksi makanan tetapi mampu memasarkan hasil masakannya.

Kini hampir setiap siswanya yang telah berhasil membuat kreasi masakan atau camilan, beranjak membuka beragam jenis bisnis makanan dengan pemasaran online menggunakan sistem pre order dan delivery order.  “Langsung dijual lewat siswa-siswa sendiri, para guru, dan di sekitar tempat tinggalnya,” ujarnya. 

Para siswa yang akan menghadapi kelulusan, diuji langsung oleh pakar kuliner Wiliam Wongso. Sebelum lulus pun siswa melakukan praktik kerja lapangan (PKL) dengan beberapa intansi yang bekerja sama dengan pihak sekolah maupun dari pihak supporting. Beberapa lulusan bisa langsung kerja di resto, cafe, hotel di Bali. Untuk di Kudus tersebar di beberapa resto, perusahaan bakery, dan hotel ternama di Kudus. Dan ada pula yang berwirausaha mandiri. 

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

SMKN 1 Kudus memiliki 6 jurusan, namun yang paling favorit adalah Jasa Boga. Siswanya tak hanya dari Kudus saja, bahkan luar kota dan luar Jawa. Tiap angkatan ada sekitar 40 siswa pada setiap kelas.

“Kami berharap supaya siswa lebih mengenal masakan Indonesia, membuka lapangan kerja untuk orang lain, bukan hanya menjadi pegawai. Ada lulusan kami yang membuka bisnis camilan, bahkan kini juga sudah dimitrakan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, siswa lulusan SMKN 1 Kudus bisa berinovatif dalam masakan. Sehingga tidak kalah saing dari usaha kuliner yang semakin berkembang. Jadi masakannya juga mengikuti perkembangan, tapi tetap tidak meninggalkan ke khasan Nusantara.

Kok Bisnis Kuliner Menjanjikan? Apa Alasannya?

Makanan Merupakan Kebutuhan Pokok

Berbisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi setiap hari. Maka tak heran jika bisnis makanan pasti selalu laris diserbu pembeli. Terutama jika pangsa pasar yang dibidik adalah anak rantauan yang kost disekitaran. Sudah pasti mereka lebih mengantungkan pemenuhan kebutuhan makanan sehari-hari dengan membeli makanan dari luar.

Tujuan Wisata Masyarakat

Semakin berkembangnya zaman maka kuliner bukan hanya sebagai makanan pokok. Saat ini makanan menjadi destinasi wisata yang banyak dicari wisatawan. Terutama makanan khas daerah menjadi salah satu yang digemari ketika berkunjung disuatu daerah.

Produk Yang Beragam

Kehadiran kuliner yang hadir dengan berbagai macam ragamnya dan terus hadir dengan berbagai macam inovasi menjadikan banyak sekali penggemarnya. Keunikan yang ditawarkan berbagai makanan tersebut yang menjadikan daya tarik tersendiri.  Tak heran lagi jika kuliner menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Kemudahan Dalam Mengembangkan

Salah satu yang menjadi alasan bisnis kuliner menjanjikan karena makanan sangat mudah untuk dikembangkan dan dikreasikan dengan kreatifitas. Mudahnya dalam menekuni bisnis kuliner ini sejalan dengan mengembangkanya. Ketika bisnis semakin ramai dan banyak penikmatnya tentu untuk memperluas bisnis kuliner akan sangat mudah.

Mudah Diinovasikan

Bisnis kuliner menyuguhkan kemudahan bagi para pelaku usahanya dalam menciptakan inovasi-inovasi baru yang beragam dan unik. Semakin berkembang tentu akan banyak bermunculan ide-ide yang semakin menarik. Dengan begitu konsumen akan semakin antusias dan tidak mudah bosan. Bahkan jika terus dikembangkan dan dilakukan perubahan maka bisa saja dari inovasi yang diciptakan dapat menjadi kuliner yang trend dipasaran.

Target Kuliner Meningkat

Semakin kesini makanan berkembang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner.  Bukan hal baru lagi jika target pasarnya semakin banyak dan luas. Dengan peminat kuliner yang terus meningkat ini menjadikan mengapa berbisnis kuliner ini sangat menjanjikan dan dijadikan salah satu pilihan usaha yang memberikan kesuksesan yang cepat.

Perputaran Uang Yang Cepat

Salah satu bisnis yang mudah untuk dijalankan dan cepat berkembang saat ini adalah makanan. Perputaran uang dari berbisnis kuliner makanan dinilai cukup cepat. Sehingga para pelaku bisnis banyak yang lebih memilih menekuni bisnis kuliner.

Keuntungan Berlipat

Selain banyaknya kemudahan dalam menjalankan bisnis kuliner. Harga bahan baku yang mudah didapatkan serta harga bahan yang relatif murah dan terjangkau menjadikan keuntungan yang diperoleh lumayan cukup besar. Apalagi jika pelaku bisnis kuliner mampu membuat inovasi rasa yang unik dan menarik dalam kulinernya. Maka tidak menutup kemungkinan jika nilai jualnya menjadi lebih tinggi dan untung berkali lipat.

Dimulai Dari Skala Dan Modal Yang Kecil

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang sangat mudah dijalankan. Tidak perlu modal yang terlalu besar karena bisa dimulai dengan skala kecil. Itulah mengapa bisnis kuliner cocok untuk dijalankan oleh orang-orang yang memiliki modal usaha terbatas.

 

 

Liputan BisnisUKM

(/Ayu)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Kudus