Komunitas UKM Jember Gelar Bazar Mandiri

Talk Show Inspirasi Sukses Menuju Jember MandiriGuna mengikat jalinan komunikasi antar anggota komunitas dan untuk meningkatkan produktifitas usaha UKM di Kabupaten Jember, Jawa Timur, kumpulan pelaku UKM yang bergabung dalam wadah Jember entreperneur Community (JECO) menggelar bazar secara mandiri.

Mengangkat tema “Bazar Produk Kreatif Jember” puluhan pelaku UKM menampilkan produk-produk unggulan mereka yang yang berlokasi di halaman kantor RRI Jember, (2-3/5/2016). Tercatat mulai dari usaha kuliner, produk kerajinan dan jasa di tampilkan dalam bazar tersebut.

Ini merupakan kali pertama di Kabupaten Jember diadakan bazar secara mandiri yang digagas oleh komunitas pelaku UKM. “Target utama dari bazar ini sebenarnya adalah promo, jadi pada dasarnya bazar ini diadakan untuk memperkenalkan kepada publik terkait usaha teman-teman JECO ataupun pengusaha lain yang belum bergabung dalam JECO agar produknya, usahanya bisa lebih dikenal lagi, bisa diketahui oleh umum yang nantinya, juga harapannya berimbas kepada transaksi, kepada omzet.”  Ucap Muhammad Ismail Ketua panitia Bazar.

Bazar Produk UKM JemberTerkait respon dari peserta maupun pengunjung Bazar, Muhammad Ismail menerangkan, mereka begitu antusias, dari sisi peserta bazar mereka mengatakan sangat terbantu dalam mempromosikan produk-produknya. Selain itu, antar sesama peserta bazar juga terjalin kerjasama, misalnya, peserta bazar saling memberlakukan potongan harga yang dikemas dalam voucher khusus bersama yang dibagikan kepada pengunjung.

Buka Juga Artikel Ini :

Pentingnya Pameran Bagi Pelaku UMKM

Pemerintah Harus Berpihak Penuh kepada UMKM

“Dari pengunjung, mereka ingin datang kesini, sebenarnya mereka ingin tahu produk apa saja yang ada di sini (bazar), kemudian dari rasa ingin tahu datang, melihat,  kemudian untuk yang produk kuliner mereka ingin mencicipi terus kemudian untuk produk yang lain mereka ingin mencoba, akhirnya terjadi transaksi dan sangat terbuka kemungkinan untuk bekerjasama antara pemilik produk dengan pengunjung yang berminat untuk menjadi reseller, menjadi mitra atau investor dan sebagainya, seperti itu.” Ujar Muhammad Ismail.

Selain bazar komunitas ini juga menjalin kerjasama dengan RRI Jember untuk kegiatan talkshow inspirasi sukses menuju Jember mandiri yang digelar per dua minggu sekali selama 6 bulan.

Stand Bazar UKM JemberDalam talkshow tersebut diangkat isu-isu seputar sektor UKM, peluang usaha dan berbagi kisah sukses yang menghadirkan narasumber dari para pelaku UKM itu sendiri. “Kegiatan ini (bazar) memang benar-benar dari kita untuk kita, tanpa melibatkan pihak lain, tanpa melibatkan sponsor dan sebagainya.” Kata Rueko Joko Nugroho selaku Ketua JECO.

Lebih lanjut Rueko menerangkan, Para pelaku UKM yang mengikuti bazar itu merupakan anggota JECO, namun ada juga pelaku UKM yang belum bergabung dalam komunitas ini. Khusus untuk acara talkshow, disampaikan tentang perjalanan sukses pelaku UKM, berbagi tips memasarkan produk dan seluk beluk sektor UKM.

“Dalam talkshow ini lebih mengutarakan tentang perjalanan bisnisnya (pelaku UKM), jadi benar-benar yang disampaikan inspirasinya ke masyarakat. Harapannya masyarakat yang ingin berwirausaha, mereka hanya berpikiran kalau berwirausaha itu harus punya modal, padahal tidak seperti itu. Jadi artinya modal itu dalam pengertian yang luas, modal kemauan juga salah satunya, modal finasial ya tentu tapi bukan segalanya, yang terpenting adalah mereka punya kemauan dan segera action,” Kata Rueko menjelaskan.

BINGUNG CARI IDE BISNIS ?
Dapatkan Ratusan Ide Bisnis Dilengkapi Dengan Analisa Usaha.
Klik Disini

Meski tidak ada support finansial dari pemerintah daerah setempat maupun pihak lain, para anggota komunitas ini tetap optimis melakukan bazar, promosi dan kegiatan lainnya secara swadaya. “Kita mengadakan kegiatan banyak event ya, jadi bukan hanya seperti ini (bazar dan talkshow) kita ada agenda-agenda rutin, yang pasti pertemuan tiap bulan diisi dengan pelatihan, berbagi pengalaman, kegiatan sosial dan lainya.” Ujar pria yang akrab disapa Eko ini.

Bazar UKM JemberTentunya target kedepan dari para pelaku UKM ini adalah sektor UKM yang kondusif, terciptanya pasar yang berimbas pada transaksi untuk peningkatan pendapatan serta semakin eksisnya usaha yang geluti pelaku UKM.

“Jadi target kita kedepan ya tentunya omzet itu harus naik, karena apa, dengan adanya bazar ini kita promosikan lewat sosial media, sehingga masyarakat datang ke bazar harapannya adalah mereka tahu oh ternyata di JECO itu variatif usahanya. Jadi sasaran kedepan adalah masyarakat mengetahui produk-produk yang kita jual, setelah tahu dan akhirnya masayarakat membeli, kalau sudah membeli tentunya omzet akan menjadi lebih baik, lebih besar dan harapannya profitnya semakin besar.” Kata Rueko.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Detro)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Jawa Timur

Leave a Comment