Manajemen UKM

Mau Buka Bisnis Kuliner di 2018? Pastikan 5 Orang Ini Jadi Tim Kamu!

Mau Buka Bisnis Kuliner di 2018? Pastikan 5 Orang Ini Jadi Tim Kamu!Membuka bisnis kuliner di tahun 2018 agaknya bisa jadi salah satu resolusi yang menarik buat kamu yang hobi memasak. Dari hobi ini, kamu bisa merintis bisnis kuliner yang sekiranya sedang hits di kalangan millenial.

Tapi, emangnya buka bisnis kuliner cuma butuh modal bisa memasak?

Untuk membuka bisnis kuliner memang tidak bisa dilakukan sendirian. Meski ide awalnya bermula dari hobimu memasak, tapi kamu tetap butuh tim pendukung untuk kelancaran bisnis tersebut. Setidaknya ada 5 tipe orang yang kamu butuhkan untuk dapat mewujudkan impianmu menjadi pengusaha kuliner yang sukses.

1. Kamu butuh tim yang sudah berpengalaman di dunia usaha

Walaupun ide awal merintis bisnis kuliner hanya untuk menyalurkan hobi memasak, tapi kamu butuh orang yang sudah berpengalaman di dunia bisnis untuk mengatur manajemen usaha. Mulai dari membuat perencanaan bisnis sampai mengawal perkembangan usaha tersebut.

2. Tim yang pandai melobi dan memperluas jaringan bisnis

Mengandalkan menu masakan yang lezat saja tidak cukup kuat untuk membesarkan usaha makanan, kamu butuh tim marketing yang pandai melobi dan memperluas jaringan bisnis. Dalam hal ini tugas orang ini membangun hubungan kerjasama dengan supplier, pemasar, customer, serta merencanakan strategi pemasaran bisnis makanan yang efektif di jaman sekarang.

3. Orang yang teliti dan pintar membuat perencanaan

Nah, selain mengawal pemasaran bisnis, kamu juga butuh tim yang teliti dan pintar membuat perencanaan untuk mengatur alur keuangan usaha. Ini jadi poin penting, pasalnya kalau manajemen keuangan usaha tidak diatur dengan baik, bisa jadi bisnismu laris manis tapi uang yang didapat selalu habis.

Baca Juga  Bisnis Kuliner Online Makin Laris Manis Dengan 10 Trik Ini!

4. Dia yang selalu punya ide cemerlang

Untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar di usaha makanan, dibutuhkan segudang ide-ide segar yang bisa membuat konsumen terpancing melakukan pembelian. Tentu ini tidak bisa kamu kerjakan sendirian, kamu butuh tim yang kreatif dan tentunya punya banyak ide dan masukan untuk perkembangan bisnismu.

5. Tim yang punya mimpi besar

Tidak semua orang berani punya mimpi besar. Pilihlah tim yang berani bermimpi dan bisa membuat perencanaan usaha makanan yang kamu jalankan, dalam lima atau bahkan 10 tahun yang akan datang. Sebab, bisnis tanpa visi besar biasanya hanya bisa bertahan  di tahun pertama saja.

Tentu tidak mudah untuk mendapatkan tim solid seperti yang kita bahas di atas, tapi semoga tips bisnis kuliner singkat ini bisa membantumu membuat perencanaan usaha yang lebih matang agar resolusimu membuka usaha kuliner di tahun depan bisa tercapai!