Inspirasi Bisnis

Membidik Konsumen Cilik dengan Fish Cake “Kamaboko”

kamaboko-simpelIkan merupakan sumber daya laut yang ketersediaannya cukup melimpah di Indonesia. Ragam olahan ikan seperti ikan asap, ikan asin, bakso ikan, nugget ikan, sosis ikan dan lain-lain sudah bukan hal yang asing lagi dalam menu makan sehari-hari. Seperti diketahui bahwa ikan mengandung gizi yang cukup tinggi terutama protein dan omega 3 yang sangat penting untuk kesehatan dan kecerdasan anak.

Untuk lebih meningkatkan ketertarikan masyarakat khususnya anak – anak terhadap konsumsi hasil olahan ikan maka perlu terus dilakukan diversifikasi olahan ikan dengan menghadirkan produk – produk yang lebih inovatif sehingga mampu meningkatkan selera konsumsi anak-anak terhadap produk olahan ikan. Salah satunya yakni dilakukan usaha restrukturisasi daging. Dalam restrukturisasi daging ikan diharapkan menghasilkan produk yang mudah disayat, dapat dipanaskan kembali, berpenampilan menarik, fleksibel dalam penggunaannya serta berkualitas makan tinggi.

Salah satu aplikasi restrukturisasi daging ikan adalah proses pembuatan kamaboko. Kamaboko adalah salah satu bentuk produk olahan ikan berbasis surimi, berbentuk gel, bersifat kenyal dan elastis. Sebenarnya kamaboko tak lain adalah bakso ikan versi Jepang yang tidak berbentuk bulat tetapi pipih bundar atau setengah bundar, ada yang putih,ada juga yang berwarna. Kamaboko biasanya dimakan dalam bentuk irisan-irisan tipis, dimakan secara langsung atau dimakan bersama sup atau udon (mie Jepang).

Bahan mentah ikan yang digunakan dapat terdiri dari satu jenis ikan atau campuran beberapa jenis ikan. Ikan yang digunakan harus bermutu baik karena akan berpengaruh pada tekstur dan elastisitas gel dari kamaboko yang dihasilkan. Disarankan untuk memilih ikan berkadar lemak rendah dengan konsistensi daging yang padat dan kandungan protein miofibrilar yang tinggi agar dihasilkan kamaboko dengan sifat gel yang baik.

Penasaran dan tertarik untuk mencoba membuat kamaboko? Coba simak langkah mudah membuat kamaboko berikut:

Bahan

Franchise King Coklat Premium

Franchise King Coklat Premium

Harga Promo 3,8 Juta Saja Mendapatkan Booth, Blender, X-Banner, 100 Bahan Baku Gratis, dan semua perlengkapannya.

Daging ikan tenggiri (Scomberomorus lineatus), putih telur, garam, gula, bawang, pati (bisa dari pati singkong, pati sagu, tepung terigu, atau tepung maizena).

Alat

Timbangan, panci, penggiling daging, sendok, mixer/pencampur adonan, pengukus, pisau, potongan bambu, minyak/margarin, aluminium foil dan label.

Cara Pembuatan

1. Bersihkan ikan segar yang akan digunakan, buang kepala, sisik, jeroan dan kulit.

2. Lakukan  filleting untuk memperoleh daging ikan tanpa tulang.

3. Rendam dalam air es.

4. Giling pada suhu rendah.

5.  Campurkan pati (singkong/ sagu/ jagung/ gandum), nutrijel, putih telur, garam, gula, serta bawang ke dalam daging ikan giling. Mixer hingga adonan tercampur rata.

6. Cetak dalam bambu yang telah dibelah sehingga membentuk setengah lingkaran. Sebelumnya bambu dilapisi alumunium foil yang telah diolesi minyak goreng.

7. Kukus selama kurang lebih 20-30 menit.

8. Setelah jadi angkat dan tiriskan.

9. Buka kemasan alumunium foil lalu potong – potong adonan yang telah jadi.

Langkah diatas merupakan cara yang sederhana dalam mebuat kamaboko. Dinegara asalnya jepang, kamaboko disajikan dengan tampilan bentuk dan warna yang menarik sehingga memicu ketertarikan konsumen khususnya anak-anak. Ini merupakan salah satu trik untuk membidik konsumen anak-anak dalam usaha memenuhi konsumsi protein hewani ikan melalui kamaboko. Mungkin ini bisa menjadi sumber inspirasi dan peluang bisnis bagi kita. Berikut contoh-contoh kreasi kamaboko di Jepang.

gabungan2

Sumber gambar:

http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://3.bp.blogspot.com
http://3.bp.blogspot.com/
http://farm1.static.flickr.com/
http://www.synapse.ne.jp/
http://farm1.static.flickr.com/