Membidik Target Pasar Anak-anak

Tips pemasaran membidik target pasar anak-anakAnak-anak merupakan makhluk kecil dengan sejuta kecerian. Namun bagi para pelaku usaha, kecerian tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan besar setiap bulannya. Lalu, bagaimana caranya?

Masa pertumbuhan anak selayaknya diberi asupan gizi yang cukup agar tumbuh kembang mereka menjadi lebih baik. Namun, biasanya anak-anak lebih suka memilih-milih makanan yang ia sukai saja untuk dimakan. Tentu orangtua merasa khawatir jika kebutuhan gizi buah hatinya tidak terpenuhi hingga mereka jatuh sakit karena salah pilih makanan.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, alternatif jajanan sehat yang bisa diberikan antara lain olahan hasil laut seperti rumput laut. Sumber makanan kaya gizi ini mudah diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Tentunya olahan rumput laut yang dipilih juga harus sesuai dengan kegemaran anak-anak, seperti misalnya agar-agar, jelly, dan juga permen agar-agar.

Para pemain bisnis rumahan yang memanfaatkan olahan rumput laut ini sengaja membidik target pasar anak-anak untuk bisa mendatangkan keuntungan besar setiap bulan. Simak beberapa strategi pemasaran yang perlu diperhatikan pelaku bisnis olahan rumput laut ketika mereka membidik target pasar anak-anak.

Pertama, membuat desain kemasan dengan warna dan bentuk yang menarik. Umumnya anak-anak suka dengan warna cerah sehingga mendorong mereka untuk membeli produk tersebut. Karena olahan rumput laut mudah dibentuk dan dicetak, buatlah bentuk yang semenarik mungkin pada olahan tersebut. anak-anak juga suka dengan bentuk-bentuk yang lucu seperti bentuk hewan atau tokoh kartun.

Kedua, pastikan bahan baku yang digunakan adalah bahan-bahan yang aman untuk dikonsumsi. Pastikan juga terdapat keterangan komposisi yang jelas. Nomor ijin Depkes dan label sertifikasi halal juga harus benar. Hal ini memberikan jaminan rasa aman bagi orangtua untuk memperbolehkan produk tersebut dikonsumsi oleh putra-putri tercintanya. Bagaimanapun juga, sekalipun anak-anak adalah konsumen utama produk anda, namun para orangtualah yang memberikan pengaruh untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penting untuk meyakinkan orangtua dengan memberikan kepastian keamanan melalui informasi yang ada pada label produk.

Ketiga, berikan sedikit edukasi pada target pasar (anak-anak). Caranya dengan menambahkan insert yang menarik pada label kemasan misalnya kolom “Tahukah kamu ?” atau tebak-tebakan lucu. Seringkali anak-anak tertarik melakukan repeat order hanya karena penasaran dengan informasi-informasi semacam ini pada kemasan produk. Karenanya, tidak ada salahnya bila Anda memberikan sedikit ruang pada kemasan produk untuk insert semacam ini. Selain menarik konsumen anak-anak untuk membeli kembali juga sebagai sarana edukasi bagi mereka.

Demikian strategi pemasaran yang bisa dilakukan oleh para pelaku bisnis rumahan yang memproduksi olahan rumput laut dalam membidik pasar anak-anak. Tak hanya anak-anak yang menjadi sasaran utama strategi pemasarannya, melainkan juga orang tuanya sebagai influencer dalam pengambilan keputusan konsumen anak-anak. Selamat mencoba! (/Adin)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Jawa Timur

Sumber gambar : http://img.wallpapersck.com/download/20140223/The-dazzling-colorful-candy,-fruit-sugar-1280x720.jpg

1 Komentar

  1. Dear warga wonosari,gunung kidul…saya akan merintis usaha dibidang bakry,saya adl karyawan toko roti terkenal di Indonesia.mohon doanya semoga lancar & sukses,apabila ada yg mau order/beli dengan senang hati saya menerimanya.

Comments are closed.