Peluang Usaha Pengolahan Rumput Laut Menjadi Agar-Agar

 

peluang-usaha-pengolahan-rumput-laut-menjadi-agar-agar

Agar-agar rumput laut adalah agar-agar yang dibuat dari ekstraksi satu jenis rumput laut dan campuran berbagai macam rumput laut lainnya. Hasil agar-agar dari campuran ini dinilai cukup bermutu dan berkualitas. Tidak kalah dengan agar-agar lain yang dihasilkan dari satu jenis bahan. Keberhasilan agar-agar rumput laut ini dikarenakan perpaduan komposisi yang telah diukur sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.

Pembuatan agar-agar rumput laut ini tidaklah sulit. Peralatan dan bahan baku yang dibutuhkan mudah untuk diperoleh. Oleh karena itu petani rumput laut juga bisa memanfaatkan peluang bagus tersebut untuk ikut mencicipi usaha mengolah agar-agar rumput laut menjadi makanan kuliner.

Cara pembuatan agar-agar rumput laut tersebut diuraikan dibawah ini. Hasil akhir dari pengolahan rumput laut ini bisa berupa tepung, batangan, atau lembaran. Adapun cara pengolahan rumput laut menjadi agar-agar adalah sebagai berikut.

Langkah Pembuatan Agar-agar Rumput Laut

A. Pencucian dan Pembersihan

Rumput laut dicuci dengan air tawar sampai bersih. Usahakan untuk menghilangkan kotoran yang menempel seperti pasir, karang, lumpur dan rumput laut jenis lain. Cuci beberapa kali sampai rumput laut benar-benar bersih. Cara ini dilakukan untuk memastikan ekstrak rumput laut yang akan diolah benar-benar higienis.

B. Perendaman dan Pemucatan

Perendaman dilakukan agar rumput laut menjadi lunak, sehingga proses ekstraksi nantinya dapat berjalan dengan baik. Caranya rumput laut direndam dalam air murni sebanyak 20 kali berat rumput laut selama 3 hari. Setelah itu pemucatan dilakukan dengan direndam dalam larutan kaporit 0,25 % atau larutan kapur tohor 5 % sambil diaduk, setelah 4 – 6 jam, rumput laut dicuci kembali selama 3 jam untuk menghilangkan bau kaporit. Rumput laut yang telah bersih dan pucat dikeringkan selama 2 hari, sampai tahap ini rumput laut dapat disimpan lebih dulu bila tidak segera diolah.

C. Pelembutan

Untuk lebih memudahkan ekstrasi, dinding sel perlu dipecah dengan ditambah H2SO4 selama 15 menit. Banyaknya H2SO4 tergantung pada jenis rumput laut, yaitu Gracilaria 5 – 10 %. Gelidium 15 % dan Hypnea 25 %. Bila tidak ada asam sulfat dapat digunakan asam asetat, asam sitrat, buah asam atau daun asam. Oleh karena asam sulfat ini berbahaya, maka diperlukan pencucian dengan cara rumput laut direndam dalam air bersih selama 15 menit kemudian ditiriskan.

D. Pemasakan

Rumput laut dimasak dalam air sebanyak 40 kali berat rumput laut. Setelah mendidih ( 90 – 100 C ), kita tambahkan asam cuka 05 % untuk memperoleh pH 6 – 7. Bila > 7, pH nya diturunkan dengan penambahan asam cuka dan bila < 6, ditambahkan NaOH. Pemeriksaan pH dapat dilakukan dengan memakai kertas pH. Pemanasan ini dilakukan kira-kira 45 menit tetapi dapat juga selama 2 – 4 jam tergantung cara pengadukannya. Proses setelah pemasakan tergantung dari bentuk akhir agar-agar yang diinginkan, yakni berupa batangan, lembaran atau pun tepung.

peluang-usaha-pengolahan-rumput-laut-menjadi-agar-agarr
https://kumparan.com/kumparanfood/5-cara-mudah-mengolah-rumput-laut-yang-renyah-dan-bebas-bau-amis

E. Proses Pengolahan Agar-agar Rumput Laut Batangan/Lembaran

1. Pengepresan dan Pencetakan
Hasil dari pemasakan kemudian disaring dengan kain belacu dan dipres. Cairan yang keluar ditampung dalam bejana dan dinetralkan dengan penambahan air soda sehingga pHnya menjadi 7 – 7,5. Bila pH sudah tercapai, cairan kemudian dimasak kembali sambil diaduk. Setelah mendidih, hasilnya dituangkan kedalam cetakan, kira-kira 6 jam agar-agar sudah dingin dan membeku. Ampas hasil pengepresan dapat digunakan lagi dengan cara ditambahkan air sebanyak 75 % dari jumlah air semula, kemudian ampas itu dipanaskan dan disaring. Cairan yang keluar dapat digunakan sebagai campuran dalam proses selanjutnya, sehingga pada akhirnya ada ampas yang tidak bisa dipakai lagi. Ampas ini dapat digunakan sebagai makanan ternak.

2. Pendinginan
Cairan yang telah beku didinginkan dalam ruangan pendingin pada suhu – 20 C selama 4 – 5 hari. Pendinginan ini dilakukan agar pemadatan benar-benar terjadi dengan sempurna.

3. Pengeringan
Agar-agar dikeluarkan dari cetakan. Hasil yang diperoleh adalah agar-agar batangan. Bila didinginkan agar-agar berbentuk lembaran, agar-agar batangan dipotong setebal 0,5 cm. Sebagai alat pemotong dapat digunakan kawat halus dari baja, agar-agar batangan atau lembaran kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.

4. Pengepakan
Agar-agar yang betul-betul kering dimasukkan dalam kantong plastik dengan berat masing-masing 10 gram. Bahan yang dipakai untuk membuat agar-agar kertas berupa rumput laut dari jenis Grasilaria sp. Dalam proses pembuatannya, rumput laut ini dicuci dengan air tawar sampai bersih, kemudian direndam dalam air kapur. Setelah 20 menit, dijemur memakai alas dari kain kasa. Lama penjemuran dapat hanya satu hari, tetapi dapat juga sampai 3 hari, tergantung dari intensitas matahari. Prinsipnya rumput laut benar-benar kering.

F. Proses Pengolahan Agar-agar Rumput Laut

1. Penyaringan dan Penggilingan
Agar-agar yang telah masak disaring dengan fillet press filtrate. Cairan yang keluar ditampung dan didinginkan selama 7 jam. Agar-agar beku dihancurkan dan dipres dengan kain. Hasilnya berupa lembaran-lembaran yang kemudian diangin-anginkan. Lembaran-lembaran kering dipotong kira-kira 3 x 5 mm, kemudian dimasukkan dalam alat penggiling atau grinder. Hasil penggilingan adalah agar-agar tepung.

2. Pengepakan
Agar-agar tepung dimasukkan dalam kemasan berupa kertas glasin yang dilapisi lilin atau dapat juga dimasukkan plastik kemudian dibungkus dengan kertas.

IDemikian tadai adalah langkah-langkah dalam mengolah rumput laut menjadi agar-agar. Maka jadilah produk akhir berupa agar-agar rumput laut yang siap untuk didistribusikan atau dipasarkan.

G. Produk Akhir Agar-agar Rumput Laut

Jumlah agar-agar rumput laut kering yang dihasilkan tergantung pada pengolahan yang dipengaruhi oleh beberapa aspek. Salah satu diantaranya adalah jenis, mutu dan kualitas rumput laut yang digunakan.  Dari hasil pengolahan biasanya diperoleh ekstrak rumput laut sekitar 20-25% dari berat rumput laut yang diolah. Jadi apabila anda memiliki jumlah berat bersih bahan baku rumput laut sejumlah 100 kg maka anda hanya akan mendapatkan ekstrak rumput laut sekitar 20-25 kg.

Agar-agar rumput laut ini diperoleh dari hasil ekstrak alga Gracilaria sp. Biasanya rumput laut ini didistribusikan dalam berbagai perusahaan industri tekstil maupun kosmetik. Fungsi utama dari agar-agar rumput laut ini adalah sebagai bahan campuran untuk perasa, bahan pemantap, bahan pengental dan bahan campuran dalam pembuatan gel.

Peluang Usaha Agar-agar Rumput Laut

Peluang usaha agar-agar rumput ini memang dapat dikatakan sangat berpotensial. Tentu hal ini didukung dengan permintaan pasar akan olahan agar-agar rumput laut ini yang kian melonjak dan kian naik. Terutama dengan semakin maraknya usaha kuliner dan tidak menutup kemungkinan banyaknya permintaan untuk dikonsumsi oleh rumah tangga. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk ikut mengolah rumput laut ini menjadi ekstrak agar-agar rumput laut ini?

Potensinya yang cukup bagus menjadikan usaha ini berpeluang cerah untuk anda, terutama bagi para petani rumput laut. Dengan adanya pengolahan rumput laut ini tentunya akan menaikkan nilai jualnya. Pada biasanya rumput laut kurang dapat dimanfaatkan secara optimal. Namun dengan adanya proses pengolahan ini rumput laut menjadi lebih bermanfaat dan dapat digunakan untuk beberapa produk.

Selamat mencoba semoga dapat menjadi acuan peluang bsinis Anda. Salam Sukses !

Diolah dari berbagai sumber

 

37 thoughts on “Peluang Usaha Pengolahan Rumput Laut Menjadi Agar-Agar”

  1. Saya sedang mencari sagu mutiara berbahan dasar rumput laut..,jika ada suplaier. Sagu mutiara dr rumput laut tlg segera meng hub saya email saya leny_destrian@yahoo.co.id

    Reply
  2. Saya butuh rumput laut jenis Gracilalia. Pengambilan rutin. Diterima di Malang. Per kg harga berapa. Coba 1 kontiner dulu. Jenis barang dari mana

    Reply
  3. kami menjual mesin press u proses pemisahan bubur rumput laut setelah dimasak
    bagi yg py rumput laut kapasitas minimal 100 ton / bulan boleh infokan harga u franco surabaya dan sebutkan lokasi

    rgds
    andreas sabari

    Reply
  4. kaka saya mau menjual rumput laut kering ni… ke pabrik, tolong kasih info harganya, tempat penjualan and berapa banyak yang di butuhkan pabrik dalam 1 x peniriman… di bantu ya kaka, aku menharapkan kamu kaka.

    Reply
  5. Kakak q punya bnyk pertanyaan:
    1. gmn cra bikin rumput laut jd agar secara alami, kan pakai h2so4 kan bahaya tuh.
    2. tolong kasih tau tempat2 pemasaran rumput laut dmn aja?
    3. harga pasaran per kg brapa?
    tolong dibalas kirim ke email Q Nurulfitri528@yahoo.co.id.. sbelumya makasih

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba