Nata De Seaweed, Olahan Rumput Laut Kaya Nutrisi

Nata De Seaweed, Olahan Rumput Laut Kaya NutrisiBerkembangnya tren olahan hasil laut saat ini membuat banyak kalangan berlomba-lomba untuk terjun menekuninya. Seperti halnya industri nata de coco dari air kelapa, nata de seaweed banyak diolah sebagai usaha kecil menengah ataupun industri oleh para pengusaha.

Nata de seaweed adalah pengembangan produk dari rumput laut yang diolah menjadi produk mirip nata de coco. Nata de seaweed menjadi olahan rumput laut yang kaya akan kandungan nutrisi, lemak baik, serat, dan protein dalam jumlah tinggi daripada nata de coco. Olahan rumput laut ini memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Nata de seaweed diproduksi dari jenis rumput laut bernama Eucheuma atau Glacilaria. Proses pengentalan menjadi nata dilakukan dengan cara fermentasi menggunakan bakteri Acetobacter Xylinum. Waktu fermentasi yang diperlukan pun lebih lama dari proses produksi nata de coco dari air kelapa.

Untuk lebih jelas, berikut gambaran umum proses pembuatan nata de seaweed dengan metode paling sederhana untuk bisnis rumahan:

1) Sediakan rumput laut segar dalam jumlah secukupnya dan cuci bersih hingga bau amis karang pada tiap helai rumput laut hilang. Kemudian tiriskan. Selanjutnya hancurkan memakai blender tetapi jangan terlalu halus, dan saring untuk mengambil filtratnya.

2) Filtrat tersebut ditambahkan air hingga mencapai volume media sekitar 1500 ml, lalu masak selama ± 10 menit.

3) Lima belas menit setelah dimasak, masukkan larutan gula aren (kurang lebih 7.5%, 10% atau 12.5%) dan  ammonium sulfat sekitar 15 g, kemudian tambahkan sari jeruk nipis secukupnya, aduk rata hingga pH media menunjukkan nilai 3-4.

4) Setelah proses pemasakan selesai maka pasta rumput laut siap untuk ditempatkan pada wadah fermentasi yang bersih (telah melalui proses disteril). Wadah ditutup rapat dengan memakai kain kasa steril. Diamkan selama satu malam dalam suhu ruang kamar. Kemudian keesokan harinya, tambahkan zat Acetobacter xylinum sebesar 10%. Tutup kembali menggunakan kain kasa lalu fermentasikan selama 10 hari pada suhu ruangan.

5) Hari kesebelas adalah saatnya untuk panen nata de seaweed berupa lembaran-lembaran yang padat dan kenyal. Bersihkan lembaran tersebut. Lalu nata de seaweed siap diolah menjadi aneka camilan ringan berbahan dasar dari rumput laut yang telah difermentasikan.

Bisnis Minuman Menyegarkan dari Nata De Seaweed

Nata De Seaweed, Olahan Rumput Laut Kaya NutrisiMengolah nata de seawed menjadi minuman jelly sebagai bisnis rumahan sangatlah mudah. Anda hanya perlu memotong nata kecil-kecil, kemudian sisihkan. Buat larutan gula untuk bahan sirup, Anda pun dapat menambahkan beberapa lembar daun pandan agar sirup yang dihasilkan beraroma wangi. Campur nata ke dalam larutan gula lalu kemas menggunakan botol-botol cantik. Beri label nama produk dan profil perusahaan Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mulai memasarkan produk olahan rumput laut Anda, baik secara offline maupun online. Untuk pemasaran secara offline, Anda hanya perlu menitipkan ke toko-toko di sekitar tempat tinggal Anda. Atau Anda pun bisa saja mendirikan sebuah kedai kecil untuk menjalankan bisnis minuman ala rumput laut yang menyegarkan.

Nata De Seaweed, Olahan Rumput Laut Kaya NutrisiAnda pun bisa mencoba memasarkan produk nata de seaweed produksi bisnis rumahan Anda secara online. Pemasaran online bisa menggunakan berbagai media, misal melalui facebook, website, atau blog dengan menampilkan profil produk dengan ikon tersendiri.

Usaha membuat nata dari rumput laut adalah salah satu pengembangan bisnis rumahan yang sederhana dan menjanjikan. Bisnis minuman dari rumput laut berprospek cerah untuk Anda dijalani. Seperti halnya yang dilakoni oleh beberapa pengusaha kuliner di Bali dan Jawa. Anda pun tentu dapat menjalankan bisnis tersebut. Asalkan tekun, niscaya usaha anda akan berkembang pesat. (/Nila)

Kontributor BisnisUKM Daerah Bali

Sumber Gambar: http://4.bp.blogspot.com/-pE_9uw847Pk/U1VAGJt8vyI/AAAAAAAAAKw/0tcK0QHnfOo/s1600/p12500310001.jpg; http://2.bp.blogspot.com/-sJbGqefIViA/UiAXpTBvnSI/AAAAAAAAALc/oXM57NH84C8/s1600/n.jpg & http://3.bp.blogspot.com/-p-CF8QQ4Amc/TvvSa1HjIcI/AAAAAAAAAd8/4R0pLuNU7P8/s1600/IMG_3131.JPG

1 Komentar

Comments are closed.