Peluang Usaha Kain Perca, Berawal dari Ide Sederhana

Memanfaatkan peluang usaha kain perca merupakan salah satu usaha yang sederhana. Dari usaha ini bisa mengantarkan kita menjadi seorang pengusaha meski dengan modal yang terjangkau. Apalagi jika kamu adalah seorang penjahit, tentunya ada banyak kain perca yang tersisa dan hanya terbuang sia-sia. Dari pada hanya dibuang akan lebih baik jika dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bisa digunakan dan diperjual belikan. 

Ada beberapa produk yang bisa dihasilkan dari memanfaatkan kain perca. Salah satunya yakni membuat celana dari kain perca. Ide yang satu ini memang tergolong ide usaha yang cukup sederhana. Dengan modal usaha yang tidak terlalu besar serta proses produksi pun bisa dilakukan di rumah, siapa sangka bila pendapatan yang diperoleh tak bisa kita pandang sebelah mata. Maka jangan sampai kamu menyia-nyiakan kain perca yang ada dirumahmu. Padahal dari kain sisa tersebut kamu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Sumber-gambar-_-3-720x415.jpg

Menariknya Peluang Usaha Kain Perca

Jangan salah sangka kamu bisa menjadi pengusaha sukses hanya dengan memanfaatkan kain sisa lho. Kalo ngak percaya coba perhatikan para pengusaha kain perca yang sukses meraup untung besar. Tahukah kamu jika baku yang digunakan untuk membuat celana pendek hanyalah kain perca atau potongan-potongan sisa dari konveksi maupun para penjahit? Hanya dengan kreativitas dari para pengusaha kain sisa tersebut bisa disulap menjadi celana perca yang bernilai jual tinggi di pasaran.

Tentu bagi para penjahit untuk mendapatkan bahan baku kain perca untuk membuat celana pendek juga tidaklah sulit. Modal utama untuk menjalankan usaha kain perca ini adalah ide dan kreativitas. Jika kita telah merasa mempunyai semua itu, maka usaha yang cukup sederhana ini bisa menjadi usaha rumahan sebagai tambahan pendapatan yang tidak main-main. 

Peluang usaha kain perca ini juga sangat bagus dan cocok apabila kamu adalah seorang penjahit. Namun tidak menutup kemungkinan jika kamu adalah seorang pemula yang baru saja belajar menjahit. Dengan memanfaatkan kain sisa yang terbuang kamu dapat memanfaatkan menjadi celana pendek yang unik dan menarik. Nah lalu apalagi yang perlu kamu ketahui tentang peluang usaha kain perca ini? Kita simak beberapa hal yang perlu kamu ketahui : 

Peluang Usaha Kain Perca

Konsumen 

Konsumen yang menjadi target usaha celana pendek dari kain perca ini adalah semua orang. Pasalnya celana pendek dari kain perca ini nyaman digunakan saat sedang santai di rumah. Maka tak heran jika banyak penggemar celana pendek dari kain perca ini. Memang pada dasarnya semua tergantung pada selera masing-masing individu. Namun akan sangat menguntungkan menggeluti usaha dibidang ini. 

Memulai Usaha 

Usaha celana pendek dari kain perca ini bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan karena dapat dikerjakan di rumah untuk mengurangi pengeluaran sewa tempat. Jika kamu tertarik dengan usaha celana pendek dari kain perca, maka berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan : 

  1. Membutuhkan modal uang untuk membeli bahan baku dan perlengkapan menjahit. Jika kamu seorang penjahit, tentunya kamu sudah memiliki modal utama tersebut.
  2. Menyediakan waktu luang untuk terus melatih keterampilan membuat celana pendek dari kain perca sehingga celana yang dihasilkan cukup unik dan menarik perhatian para konsumen.
  3. Melakukan pengujian terlebih dahulu dengan membuat celana pendek kaion perca untuk suami, anak dan anggota keluarga terlebih dahulu.
  4. Membuat jaringan seluas-luasnya untuk memasarkan produk celana pendek kain perca buatan kamu.
  5. Jika kamu membutuhkan pegawai maka pilihlah pegawai yang kreatif, perhatikan kerapian jahitan agar produk celana pendek tetap terjaga kualitasnya.

Keuntungan 

Usaha rumahan membuat celana pendek dari kain perca merupakan usaha dengan modal kecil, hanya dengan modal kain perca yang biasanya tidak digunakan lagi bisa mendatangkan keuntungan besar. Cara mendapatkan kain perca pun tidak terlalu sulit, bisa melalui penjahit atau pabrik konveksi. Selain itu keunikan dari celana pendek dari kain perca yang dihasilkan banyak digemari oleh banyak konsumen lokal maupun wisatawan yang berasal dari berbagai daerah. Sehingga peluang usaha untuk mendapatkan keuntungan besar juga akan semakin terbuka lebar.

Hambatan 

Tak dapat dipungkiri jika setiap usaha pasti ada hambatan-hambatan yang akan ditemui. Tak terkecuali dalam menjalankan usaha rumahan membuat celana pendek dari kain perca ini, yakni terletak pada hal-hal berikut ini :

  1. Bagi kamu yang bukan seorang penjahit, pastinya kamu belum atau bahkan tidak menguasai cara pembuatan celana pendek dari kain perca.
  2. Teknik pemasaran yang dilakukan mungkin masih kurang mengena di hati para konsumen.
  3. Terbatasnya bahan dasar untuk membuat celana pendek dari kain perca.
  4. Banyak bermunculan pengrajin celana pendek dari kain perca sehingga persaingan usaha sudah sangat ketat.

Strategi Pemasaran 

Tips pemasaran untuk usaha rumahan membuat celana pendek dari kain perca dapat dilakukan dengan berbagai cara, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

  1. Menjual langsung kepada saudara-saudara, teman dan tetangga-tetangga disekitar tempat tinggal.
  2. Memasang plang untuk nama usaha kamu di depan rumah.
  3. Melakukan distribusi atau dengan cara menitipkan barang ke toko-toko, pasar atau mall.
  4. Memasarkan produk ke luar daerah jika memungkinkan atau bisa berdasarkan pesanan yang ada.

Kunci Sukses 

Kunci kesuksesan yang mutlak dalam menjalankan usaha celana pendek dari kain perca ini adalah ide desain dan kualitas, peningkatan kreativitas serta memberikan inovasi baru bagi produknya agar produk yang dihasilkan unik, menarik dan indah dengan dilengkap jahitan yang rapid an kuat. Hal tersebut sangatlah diperlukan untuk menumbuhkan minat masyarakat dan menjadi salah satu yang paling tepat untuk memenangkan persaingan pasar.

Dengan kreativitas tinggi yang dimiliki oleh pengrajin celana pendek, maka kain perca yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan mencadi celana pendek yang cantik dan nyaman dipakai.

Analisa Ekonomi 

Modal awal
Peralatan                                          
Mesin jahit                                        Rp 2.000.000,00
Perlengkapan (guntingn penggaris pola, meteran)    Rp   200.000,00 +
Jumlah                                             Rp 2.200.000,00

Perlengkapan
Benang, jarum dan lain-lain                        Rp 150.000,00
Promosi (pembuatan brosur)                         Rp   50.000,00
Plastik pembungkus                                 Rp   50.000,00
Kantong plastik                                    Rp   30.000,00
Lain-lain                                          Rp   50.000,00 +
Jumlah                                             Rp 330.000,00

Perhitungan laba/ (rugi) setiap bulan
Pendapatan
10 celana pendek x Rp 12.500,00 x 30 hari          Rp 3.750.000,00

Biaya-biaya
Kain perca                                        Rp 1.250.000,00
Listrik                                           Rp   200.000,00
Transportasi                                      Rp   100.000,00
Lain-lain                                         Rp    50.000,00
Biaya perlengkapan                                Rp   330.000,00
Biaya penyusutan peralatan                        Rp    45.812,00 +
Jumlah biaya                                      Rp 1.975.812,00

Laba/(rugi) bersih 
= Pendapatan – biaya-biaya
= Rp 3.750.000,00 – Rp 1.975.812,00      =        Rp 1.774.188,00 

Dari limbah kain perca yang awalnya tak terpakai, siapa sangka bila kita kreatif dan inovatif maka bisa meraup keuntungan besar setiap bulannya. Semoga informasi usaha celana perca ini bisa menjadi salah satu ide bisnis bagi kamu yang ingin memanfaatkan barang-barang sisa menjadi peluang usaha. 

Demikian adalah analisa peluang usaha kain perca. Semoga dapat membantu memberikan gambaran usaha yang akan kamu jalankan. Simak terus artikel menarik lainnya tentang analisa usaha, ide usaha, video liputan usaha hanya di bisnisukm.com. Jangan lewatkan pula liputan bisnis dari para pengusaha sukses yang bisa dijadikan inspirasi usaha berikut ini.

3 Komentar

Leave a Comment