Peluang Usaha Ramadan Makanan Timur Tengah “Kebab”

Ramadan sebantar lagi nih, yuk merapat yang lagi cari-cari peluang usaha ramadan, karena dalam beberapa hari kedepan kita bakalan bahas tentang ide-ide usaha ramadan. Bukan hal baru lagi ya jika bulan ramadan selalu identik dengan makanan takjil yang beraneka ragam. Berbagai jenis makanan dijajakan dipinggir jalan memenuhi trotoar menemani para orang-orang yang sedang ngabuburit.

Mulai dari jajanan pasar, jajanan tradisional sampai kekinian bisa ditemukan disana. Salah satunya adalah makanan timur tengah bernama kebab. Kebab tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua. Makanan dari Turki ini dikenal sebagai makanan yang ditusuk dan dipanggang. Kebab ini adalah daging giling yang dipanggang dan disajikan dalam kulit tortila bersama sayuran dan saus mayonaise.

Daging kebab ini pada umumnya menggunakan daging sapi, kambing, ayam maupun ikan. Sehingga rasanya sangat gurih dan nikmat, harganya pun cukup terjangkau dan ramah dikantong. Saking enaknya kelezatan makanan ini tak sanggup ditolak oleh siapapun. Bahkan penggemarnya tidak hanya anak muda, namun juga anak-anak hingga orang dewasa.

Kenalan Dengan Makanan Timur Tengah Kebab

Produk kebab yang ditawarkan saat ini, memiliki berbagai ukuran. Dari mulai kebab mini, hingga ukuran besar atau jumbo. Rata–rata konsumen yang belum pernah mencicipi kebab, memilih ukuran mini atau regular untuk mencoba kelezatan rasa kebab. Selain karena alasan tersebut varian ukuran kebab kecil dan besar yang ditawarkan agar untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Untuk memulai usaha ini pertama pilih lokasi usaha yang strategis, misalnya di pinggir jalan, di depan toko atau minimarket, bahkan bisa juga di sekitar perumahan. Harga kebab bisa dibilang cukup mahal, namun tergantung ukurannya. Untuk harga sendiri bermacam-macam, dimulai dari Rp 7.000 sampai Rp 19.000 tergantung topping dan ukuran dari tortila. Sedangkan untuk penambahan topping telur atau keju harganya ditambah Rp 1.500 – Rp 2.500.

Oleh karena itu pilih lokasi usaha yang tingkat ekonominya cukup tinggi, sehingga daya beli konsumen lebih tinggi. Sedangkan untuk perlengkapan yang diperlukan untuk menjalankan usaha kebab antara lain gerobak atau etalase, pemanggang daging, wajan, dan kompor, serta peralatan lain seperti penjepit makanan dan beraneka wadah untuk saus dan sayuran.

Resep Kebab Sederhana

Bahan-bahan :

  • Roti tipis untuk kulit kebab secukupnya
  • Daging sapi secukupnya
  • Daun selada secukupnya
  • Mentimun secukupnya, iris tipis
  • Bawang bombai secukupnya, iris tipis
  • Mayones secukupnya
  • Saus cabai secukupnya
  • Saus tomat secukupnya

Cara Pembuatan :

  1. Panggang daging sapi hingga matang, iris tipis-tipis. (Bumbu di kreasikan sendiri).
  2. Panggang roti diatas pemanggang, tapi tidak sampai terlalu kering. Angkat , letakkan diatas piring.
  3. Tambahkan daun selada, mentimun, bawang Bombay, daging sapi panggang, mayones, saus cabai dan saus tomat secukupnya.
  4. Lipat roti menjadi dua bagian. Kebab siap dihidangkan.

Kebab juga dapat dibuat dengan cara menata terlebih dahulu irisan daging, sayuran, dan saus diatas roti kebab, lipat rotinya, kemudian baru dipanggang.

Peluang Usaha Ramadan “Kebab”

Konsumen

Jika dulu kebab hanya dikonsumsi warga keturunan Timur Tengah, sekarang kenikmatan kebab juga digemari masyarakat dari negara lain, misalnya di Indonesia. Masyarakat kita sebagian besar sudah mengenal kebab, tak heran lagi jika jajanan ini sekarang dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Kelezatan aroma daging panggang dan sayuran yang terkandung dalam kebab, membuat makanan ini cukup bergizi. Sehingga banyak orang menyukai menu makanan asing ini, terutama para remaja seperti pelajar maupun mahasiswa.

Keuntungan Usaha

Operasional bisnis kebab terbilang cukup mudah. Karena kamu hanya cukup memasak bahan baku setengah jadi, menjadi kebab yang lezat. Selain itu minat masyarakat yang sangat besar terhadap makanan kebab, juga memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha ini. Rata–rata konter kebab yang ada di pinggir jalan maupun di pusat perbelanjaan, selalu ramai dikunjungi konsumen.

Kekurangan Usaha

Menu kebab merupakan makanan baru bagi masyarakat Indonesia, jadi kebanyakan konsumen menganggap makanan ini sebagai makanan yang sedang ngetren saat ini. Sehingga mereka hanya mencoba membeli satu sampai dua kali saja, jika kamu tidak menjaga kualitas rasa kebab maka mereka hanya sekedar mencoba saja dan tidak akan membeli kembali.

Pemasaran Kebab

Promosi usaha kebab bisa dilakukan melalui tampilan gerobak dengan warna yang cerah dan bentuknya juga unik, berbeda dengan gerobak makanan kaki lima lainnya. Sehingga masyarakat yang melewati jalan tersebut, tertarik untuk mampir dan membeli kebab.

Untuk mendukung promosi, tambahkan tulisan yang bertuliskan nama usaha dan jenis produk yang dijual pada gerobak atau etalase yang digunakan untuk usaha. Bila perlu tambahkan spanduk atau banner, agar keberadaan usaha kebab kamu diketahui oleh masyarakat.

Disamping itu kamu bisa menawarkan layanan terima pesanan, karena menu kebab juga potensial untuk disajikan pada acara arisan keluarga, acara ulang tahun, pernikahan serta acara lainnya. Ini merupakan teknik pemsaran yang cukup efektif, karena selain menambah omset juga memungkinkan terjadinya pemasaran melalui mulut ke mulut yang dilakukan oeh para tamu undangan yang menikmati kebab kamu.

Kunci Sukses

Kesegaran dan kebersihan sayuran harus diperhatikan, jangan sampai masih ada yang kotor. Selain itu kebersihan peralatan dan lokasi usaha juga harus dijaga, agar konsumen tidak segan mampir untuk membeli produk kamu. Tingkat kematangan daging juga penting.

Masyarakat Indonesia pada umumnya menyukai daging yang benar-benar matang. Oleh karena itu sesuaikan menu kebab kamu, dengan selera masyarakat Indonesia. Bagi kamu yang tertarik dengan usaha makanan timur tengah “kebab”, berikut kami informasikan analisa ekonomi yang bisa dijadikan sebagai gambaran usaha.

Analisa Usaha

Asumsi
Masa pakai gerobak 5 tahun 
Masa pakai peralatan masak 3 tahun 
Masa pakai pemanggangan daging 4 tahun 
Kemasan kebab harga 18.000 isi 50 pcs
Harga 1 kg daging sapi 90.000  
Harga mayonaise 105.000 3 liter 
Harga saus tomat 80.000 5,5 liter 
Harga saus pedas 93.000 5,5 liter
Biaya Investasi 
Gerobak                                  Rp  5.600.000
Pemanggang daging kebab 2kg              Rp  2.100.000
Peralatan masak                          Rp    600.000 +
Total                                    Rp  8.300.000

*Biaya penyusutan 1/12 x Rp 8.300.000 = Rp 691.666

Biaya Operasional per Bulan
1. Biaya tetap
Penyusutan Alat                          Rp    691.666
Sewa tempat & listrik                    Rp    500.000 +
Total                                    Rp  1.191.666

2. Biaya variable per bulan 
Daging sapi 1,5kg                       Rp     150.000
Bahan lain                              Rp     278.000
Kemasan kebab Rp 28.000 x 12 (600 pcs)  Rp     336.000
Gas 3kg x 2                             Rp      46.000
Transportasi                            Rp     150.000 +
Total                                   Rp     960.000

Total biaya operasional                 Rp   2.151.666

Omzet per Bulan
Kebab mini(Rp 7.000)x10prs x 30         Rp   2.100.000
Kebab regular(Rp 14.000)x7prs x 30      Rp   2.940.000
Kebab jumbo(Rp 19.000)x3prs x 30        Rp   1.710.000 +
Total                                   Rp   6.750.000

Laba per Bulan
Total omzet – biaya operasional
( Rp 6.750.000 – Rp 2.151.666)=          Rp   4.598.334

Sekian pembahasan kita tentang peluang usaha ramadan makanan timur tengah bernama kebab ini. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Ikuti terus informasi menarik seputar peluang usaha dan lainnya hanya di BisnisUKM.com

6 Komentar

  1. Mau nanya klo usaha kebab paling enak franchise apa gak, trus klau mau franchise kemana ya tolong di ksih tau
    ibnu_yunata@yahoo.co.id

    Reply
  2. Numpang promosi bos..,
    Apabila ada yang membutuhkan daging kebab untuk usaha kebabnya, kami siap menyediakan. kami juga menyediakan sosis, burger, baso dan daging asap lainnya.

    Profil produk dan harga bida di lihat di http://fo.kemfood.co.cc atau email ke info@kemfood.co.cc

    Salam

    Reply
  3. Salam sejahtera
    Pak saya sangat tertark sekali dengan masakan kebab,kemana saya mimta informasi yang lebih detail,,kebetulan saya jualan dikantin dan harga masakan kebeb relatif tdk terlalu mahal pas buat harga mahasiswa,saya tunggu kabarnya
    terima kasih. email saya achmad.priyatna@yahoo.com
    hp 08122013668

    Reply
  4. Salam sejahtera
    Pak saya sangat tertark sekali dengan masakan kebab,kemana saya mimta informasi yang lebih detail,,kebetulan saya jualan dikantin dan harga masakan kebeb relatif tdk terlalu mahal pas buat harga mahasiswa,saya tunggu kabarnya
    terima kasih. email saya achmad.priyatna@yahoo.com

    Reply
  5. Salut kepada teman2 yg tekun and telaten ikut berbisnis, sy sudah menemukan bisnis yg bisa memberikan penghasilan minimal $50 bahkan ribuan dollar per bulan..…sy optimis ribuan dollar per bulan bs saya dapatkan dari bisnis ini. Sungguh mudah, tp mengapa koq msh bnyak org bingung cari kerjaan ya? Klo mau, org bisa dpt income lbh besar dr Pegawai Bank atau PNS. Itu baru satu jenis bisnis belum lg yg lain. Smoga bs bnyk org tergugah setelah mengikuti bisnis yg saya jalankan.

    Salam hangat,

    http://bisnis.hangat.info
    SMS: 085 7510 99 105
    .-= Info Hangat´s last blog ..Penghasilan 1000 Dollar Per Bulan, Mau? =-.

    Reply

Leave a Comment