Peluang Bisnis, Peluang Usaha

Tertarik Bisnis Foodcourt, Berikut Ini Analisa Peluang Usahanya!

Analisa Peluang Usaha Bisnis Foodcourt

Foodcourt adalah tempat makan yang terdiri dari beberapa stand-stand atau counter-counter yang menyajikan beragam jenis makanan. Stand makanan merupakan tempat makan yang bersifat terbuka. Biasanya kita temui seperti di pusat perbelanjan atau mal-mal, perkantoran, universitas dan sekolah-sekolahan modern. Tertarik untuk terjun ke bisnis foodcourt? Berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Pemilik bangunan foodcourt ini biasanya memperkerjakan orang-orang yang berpengalaman dalam bidangnya untuk menjaga stand-stand. Atau biasanya pemilik gedung menyediakan tempat untuk disewakan para pengusaha kuliner. Dengan adanya foodcourt ini selain dapat dengan mudah untuk menarik para pengunjung. Cara ini dianggap paling efektif dalam membuka pusat keramaian.

Ada Apa Dengan Bisnis Foodcourt

Sering kita temui foodcourt ini pada pusat perbelanjaan atau mal-mal karena dianggap paling ramai sehingga efektif untuk membuka usaha yang satu ini. Kenapa memilih pusat perbelanjaan? Karena biasanya setelah lelah berbelanja, tempat paling enak untuk melepas lelah adalah dengan mampir ke stand makanan. Suasana yang mendukung untuk makan atau bahkan hanya sekedar nongkrong sambil menikmati makanan ringan. Kita bisa bebas milih makanan dan minuman apa saja, karena biasanya banyak yang jualan dan makanan yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Budaya jajan dikalangan masyarakat telah menjadi gaya hidup dewasa ini. Pagi, siang dan malam selalu ada aja yang menyempatkan diri makan diluar rumah. Terutama dihari libur, tempat makan di pusat-pusat perbelanjaan selalu ramai oleh pembeli. Entah itu hanya untuk nongkrong anak muda, atau pertemuan bisnis, atau sekedar kumpul keluarga, maka stand makanan jadi salah satu tempat favorit. Oleh karena itulah bisnis foodcourt ini sangat dianggap salah satu usaha yang menjanjikan.

Kiat Memulai Usaha

Sebelum kamu memulai bisnis foodcourt ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan disiapkan. Untuk itu ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu ikuti ketika memulai usaha ini, diantaranya :

Lokasi Yang Strategis

Sebelum memulai usaha foodcourt ini terlebih dahulu kamu harus menentukan lokasi berjualan anda dan usahakan untuk memilih tempat yang strategis. Maksudny adalah pilih tempat yang mudah terlihat oleh pengunjung.

Jumlah Meja dan Kursi

Usahakan untuk menyediakan jumlah meja dan kursi dalam jumlah yang banyak untuk meminimalisir melonjaknya pengunjung. Model penataan meja dan kursi sesuaikan dengan kondisi ruangan yang ada. Susun sedemikian rupa dan usahakan untuk memberi ruang gerak dan jarak antara meja kursi satu dengan yang lainnya. Hal ini berfungsi agar para pengunjung tidak kesulitan untuk berjalan.

Desain Stand

Desain dan tata letak sangat mempengaruhi selera orang untuk datang. Oleh karena itu penataan kursi, warna cat, dan sirkulasi udara sangat penting di perhatikan.  Untuk itu penting sekali dalam mengatur agar penataan meja kursi terlihat nyaman dan bisa untuk lalu lalang.

Fasilitas Tempat Cuci Tangan

Alangkah lebih baiknya jika menyediakan tempat untuk mencuci tangan untuk memudahkan pengunjung membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan.

Ruang Petugas Kebersihan

Sediakan ruang kebersihan untuk para petugas kebersihan dan alat-alat kebersihan. Tempat makan atau foodcourt yang tidak bersih maka akan membuat pengunjung enggan datang. Maka dari itu kebersihan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Untuk itu peranan petugas kebersihan sangat dibututuhkan guna menjaga kebersihan foodcourt.

Pilihan Menu

Hal yang harus menjadi fokus utama dalam bisnis ini adalah pilihan menu. Usahakan membuat menu-menu yang inovatif atau sedikit ‘nyleneh’ agar pembeli bisa mengingatnya.

Kendala Bisnis

Ketika menjalankan usaha ini ada beberapa hambatan yang mungkin akan Anda temui, maka dari itu agar kamu bisa memerangi dan terus dapat bersaingan dengan pelaku bisnis foodcourt makanan lainnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, daiantaranya :

Desain Menu Menarik

Hal yang menjadi permasalahan biasanya adalah hal menu. Usahakan membuat varian menu dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini untuk menjaga kualitas rasa yang ditawarkan. Karena ketika terlalu banyak menu pada akhirnya tidak akan bisa menjaga standar kualitas. Bukan hanya itu saja pelayanan yang diberikan dalam membuat makanan menjadi lebih lama jika varian menu terlalu banyak.

Daftar Menu Yang Simpel

Buatlah daftar menu secara simpel dan tidak membinggungkan sehingga pelanggan dapat dengan mudah memilih makanan. Untuk itu kelompokkan makanan berdasarkan sesuai jenisnya ata anda bisa memisahkan seperti makanan bestseller, makanan populer, dan lain-lain. Buat pula desain menu menjadi lebih menarik dengan adanya teks dan gambar yang mudah untuk dipahami.

Kebersihan

Usahakan untuk selalu menjaga kebrsihan stand foodcourt, menu, fasilitas seperti meja kursi dan juga tempat cuci tangan dan lainnya. Semakin bersih suatu tempat semakin nyaman untuk dikunjungi. Bukan hanya itu saja, kebersihan makanan juga menjadi perhatian khusus. Maka usahakan untuk menjaga kebersihan alat makan dan juga makanan yang disediakan.

Pelayanan Pelanggan

Hal paling utama dalam memikat pelanggan untuk datang kembali ke foodcourtmu bukan hanya terletak pada cita rasa makanan yang ditawarkan. Bukan juga karena suasana dan kenyamanan tempat namun pelayanan pelanggan yang ramah. Interaksi yang baik akan membuat pelanggan nyaman dan tertarik kembali ke foodcourtmu. Layanan yang rapi, bersih, cepat dan ramah menjadi hal utama yang harus dilakukan oleh petugas pelayanan.

Inovasi dan Kreasi

Ramainya pesaing dalam usaha ini menjadiakanmu harus pandai dalam mempertahankan dan mengembangkan bisnis foodcourtmu. Jangan takut, selalu berinovasilah dalam meraih pelanggan.

Strategi Pemasaran

Banyak pelaku usaha yang kurang memperhatikan satu hal ini, mereka menggangap bahwa usahanya dalam keadaan aman karena sudah cukup memiliki pelanggan. Tanpa adanya strategi pemsaran maka usahamu akan sulot berkembang. Maka Tentukan brandmu, menentukan visi misi, pedoman, rencana pemasaran, terlibat dalam media sosial dan pemasaran digital.

Strategi Usaha

  • Buatlah brosur atau leaflet menu-menu makanan foodcourtmu, kemudian disebarkan disekitar lingkungan tempat usaha.
  • Berikanlah diskon atau kupon yang cukup menggoda pelanggan untuk datang ke foodcourtmu.
  • Tawarkanlah beberapa fasilitas lainnya yang bisa diberikan seperti teh botol gratis jika memesan paket tertentu.
  • Tampilkan gerai atau stand yang menarik dan unik
  • Memilih kemasan dengan desain dan bentuk yang menaraik, jangan sampai salah dalam memilih kemasan karena akan mempengaruhi penjualan.
  • Kreatif dalam melakukan pemasaran untuk menekan budget meski anggaran dana yang kamu miliki cukup besar.
                             Analisa Bisnis

Aset dan modal awal
Sewa tempat                                        Rp 22.000.000,00
Peralatan masak                                    Rp  1.720.000,00
Meja, kursi, dll                                   Rp  8.000.000,00+
Total modal awal                                   Rp 31.720.000,00

Jika masa manfaat asset tersebut adalah 3 tahun,
maka dengan metode garis lurus diperoleh beban penyusutan per bulannya
adalah sebesar Rp 9.720.000,00 : (3tahun x 12bulan) = Rp 270.000,00 per bulan.

Perhitungan laba/rugi per bulan
Penjualan rata-rata:
Rp 15.000,00 x 30 porsi x 30 hari                     Rp 13.500.000,00

Pengeluaran satu bulan:
Biaya produksi:
  Bahan baku dan pembantu                             Rp  5.000.000,00 –
  Laba kotor satu bulan                               Rp  8.500.000,00

Biaya operasional dan umum:
  Sewa tempat Rp 22jt/12 bulan                        Rp  1.840.000,00
  Gaji 2 pegawai @ Rp 800.000,00                      Rp  1.600.000,00
  Penyusutan asset                                    Rp    270.000,00
  Iuran bulanan listrik, air dll                      Rp    500.000,00
  Keamanan dan kebersihan                             Rp    500.000,00
  Transportasi                                        Rp    600.000,00
  Lain-lain                                           Rp    200.000,00+
  Jumlah                                              Rp  5.510.000,00
Laba Bersih Satu Bulan                                Rp  2.990.000,00

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar:

http://www.ids.com.sg/catalog/images/CU%20Food%20Court.JPG

[/premium]