Ini Dia 20 Bisnis Kuliner Untuk Mahasiswa, Buruan Dicoba!

Ini Dia 20 Bisnis Kuliner 2019 Untuk Mahasiswa, Buruan Dicoba!Siapa bilang mahasiswa tidak bisa menghasilkan uang? Zaman sekarang banyak peluang bisnis yang menguntungkan dan bisa dikerjakan secara part time. Peluang bisnis kuliner, misalnya. Bisnis kuliner termasuk bisnis yang  sulit padam. Sebab, makan bukan lagi sebagai aktivitas untuk sekadar mengisi perut saja, tapi juga memanjakan lidah.

Dalam keadaan butuh atau tidak, makanan tetap selalu dicari. Kesempatan itulah yang alangkah baiknya dimanfaatkan oleh mahasiswa sembari tetap menuntut ilmu. Selain untuk mendapatkan keuntungan, bisnis kuliner untuk mahasiswa juga bagus untuk memupuk mental kewirausahaan.

Cukup banyak ide bisnis kuliner yang bisa dilakukan. Namun, jangan terburu-buru juga. Peluang bisnis kuliner memang menguntungkan, asal  diberengi dengan strategi yang tepat. Semisal, teknis pelaksanaannya bagaimana, dilakukan dimana, dan jenis komoditinya apa.

Untuk bahan referensi, 20 bisnis kuliner untuk mahasiswa berikut ini mungkin dapat membantu Anda yang tertarik ingin mencoba.

1. Buka Usaha Roti Bakar Setelah Pulang Kuliah

Walau bukan makanan pokok orang Indonesia, namun roti termasuk panganan yang paling disukai. Mungkin karena sifatnya yang mengenyangkan, maka banyak orang yang menjadikan roti sebagai pengganti nasi di waktu-waktu tertentu. Pantas saja jika bisnis roti bakar bertahan lama di negeri ini. Terlebih jika pandai meracik rasa dan kreatif dalam penyajian. Besar kemungkinan ide bisnis kuliner ini akan mengundang banyak pembeli.

2. Bisnis Roti Kukus atau Pao Kekinian

Selain roti bakar, roti kukus atau pao ternyata patut juga dicoba. Di kota-kota besar, kuliner ini cukup mudah ditemukan dengan penyajian yang lebih apik dan menggoda tentunya. Jika dulu roti kukus identik dengan pao (roti kukus berbentuk bulat dengan isi cokelat atau kelapa parut). Kini roti kukus bahkan bisa dibuat seperti burger dengan isian daging lengkap sayur dan kejunya juga. Baru kemudian dikukus hingga kejunya meleleh. Selain lebih lembut, rasanya pun mantap di lidah.

3. Jualan Bakso Bakar di Area Kampus

Ingin yang lebih mudah? Bakso bakar adalah pilihannya. Modalnya tidak seberapa besar dan pengerjaannya pun terbilang ringkas. Tinggal kreasikan dengan saus racikan sendiri sebagai pembeda dengan bakso bakar yang sudah lebih dulu ada.

4. Coba Bisnis Tela-tela di Sore Hari

Ide bisnis kuliner ini juga cocok sekali untuk mahasiswa. Tela-tela merupakan camilan berbahan dasar singkong. Singkong dipotong sebesar telunjuk lalu digoreng. Setelah itu, ditaburi dengan seasoning powder. Bisnis ini sudah lama ada dan masih ramai peminatnya hingga sekarang.

5. Bisnis Kue Cubit Untungnya Juga Menggigit

Kue berbentuk mungil dengan citarasa manis dulunya termasuk jenis jajanan rakyat karena harganya yang murah. Siapa sangka kini kue cubit turut meramaikan daftar menu di kafe-kafe bergengsi tongkrongan anak muda. Itu karena tampilan kue cubit sekarang lebih menarik, lengkap dengan tambahan toping aneka rasa.

6. Bisnis Kuliner Mie Pedas Juga Lagi Hits

Beberapa tahun terakhir, mie dengan citarasa pedas ekstrim booming. Banyak orang yang merasa tertantang untuk mencoba dan ketagihan. Padahal bahan baku yang digunakan tidak terlalu banyak. Bahkan, sebagian penjual hanya menggunakan mie instant yang kemudian ditambah dengan bubuk cabai dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

7. Menu Camilan Piscok Masih Tetap Laku

Piscok bisa jadi alternatif peluang bisnis kuliner yang tak kalah menjanjikan. Camilan ini terbuat dari pisang manis, ceres, keju, kemudian dibalut dengan kulit lumpia. Setelah itu digoreng dan disajikan hangat-hangat. Di samping rasanya yang lezat, harganya tergolong ringan di kantong sehingga mudah sekali laku.

8. Aneka Dessert Cake

Dessert cake biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Proses pembuatannya tak terlalu rumit. Bagusnya lagi, ini termasuk makanan yang cukup awet jika disimpan berhari-hari di dalam kulkas. Jadi bisa diproduksi sekali banyak untuk stock beberapa hari. Cara ini tentu sangat memudahkan mahasiswa dalam mengelola waktu antara bisnis dengan kegiatan perkuliahannya.

9. Bisnis Kuliner Unik Donat Karakter

Sekarang donat bentuknya bukan cuma bolong di tengah. Di tangan para creator donat dicetak dalam berbagai bentuk dan toping. Sehingga kelihatan lebih menarik dan punya daya jual tinggi.

10. Kenalkan Menu Mancanegara Churros

Churros memang bukan kuliner khas Indonesia, tapi dari segi rasa cocok dengan lidah lokal. Tak heran jika churros termasuk ide bisnis kuliner yang layak untuk dicoba. Apalagi proses pembuatannya cukup mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

11. Cari Keuntungan dari Bisnis Keripik Singkong

Nyaris semua orang suka keripik singkong. Agar tidak membosankan, keripik singkong bisa dikreasikan dalam berbagai rasa seperti keju, barbeque, blackpaper, dan lainnya. Untuk menarik perhatian konsumen, buatlah kemasan keripik yang desainnya cantik.

12. Martabak Imut (Marmut) Masih Banyak Peminat

Martabak mini juga bagian dari bisnis kuliner untuk mahasiswa yang cukup muda dipraktikkan. Tidak membutuhkan kehalian khusus untuk bisa membuat martabak mini yang lezat. Bahkan bisa dipelajari melalui Youtube dalam waktu beberapa jam saja.

13. Jualan Kebab di Depan Mini Market

Kebab merupakan sajian khas timur tengah. Rasanya yang gurih membuat banyak orang ketagihan. Bisnis kebab sudah menjamur dimana-mana. Untuk memudahkan pemula, tak ada salahnya bekerja sama dengan pemilik franchise kebab. Segala sesuatu, mulai dari bahan hingga peralatan sudah mereka persiapkan. Anda hanya tinggal menjalankannya saja.

14. Buka Kios Cilok dan Cireng di Kantin Kampus

Kedua camilan tersebut sama-sama menggunakan tepung aci sebagai bahan utama. Bedanya, cilok direbus, sedangkan cireng digoreng. Proses pembuatannya sangat sederhana. Cocok untuk jiwa mahasiswa yang kebanyakan malas ribet. Bagusnya lagi, cilok dan cireng bisa dibuat dalam bentuk frozen sebagai persediaan. Jadi tidak perlu repot produksi setiap hari.

15. Jamur Crispy Mudah Buatnya Banyak Untungnya

Terpujilah bagi penemu ide bisnis kuliner yang satu ini. Jamur tiram yang biasanya dimanfaatkan untuk tumisan, ternyata bisa diolah jadi gorengan crispy yang rasanya mirip fried chicken. Kabar baik lainnya, pelaku bisnis jamur crispy belum semarak fried chicken. Jadi peluang emas bagi mahasiswa yang ingin meraup keuntungan besar.

16. Pizza Menu Mancanegara Diminati Mahasiswa

Siapa bilang bikin pizza itu sulit? Roti yang digunakan sebagai base pizza bisa dibuat sekaligus banyak, lalu dibekukan di freezer. Kapan hendak dipakai, tinggal dihangatkan kembali lalu diberi toping kesukaan. Karena itu, pizza termasuk komoditi dagangan yang cocok dijalankan oleh mahasiswa.

17. Buat Mozzarella Stick, Kuliner Kekinian

Mozzarella stick merupakan salah satu makanan kekinian. Selain kelezatannya, menyantap mozzarella stick selagi hangat menjadi keseruan tersendiri. Sebab, kejunya bisa mulur elastis seperti karet. Untuk usia mahasiswa, produk dagangan ini tergolong mudah dipraktikkan.

18. Baby Cumi Spicy

Baby cumi spicy merupakan makanan berbahan dasar cumi-cumi asin berukuran kecil. Letak keistimewaannya ada pada cabainya. Nah, cabai racikannya inilah yang harus dipelajari mahasiswa. Jika sudah dapat rasa yang pas, yakinlah bahwa baby cumi spicy akan laris dipasaran. Selain itu, tahan lama bila dibungkus dengan kemasan produk tertutup. Jadi bisa dijual hingga ke luar kota.

19. Bisnis Pancake ala Mahasiswa

Pancake turut meramaikan daftar peluang bisnis kuliner untuk mahasiswa. Anda tinggal belajar basic pembuatannya saja. Selanjutnya tinggal berkreasi dengan aneka toping kesukaan. Semakin menarik topingnya, semakin tinggi nilai jualnya.

20. Pentol Bakso

Bisnis pentol bakso juga cocok dijalankan mahasiswa. Bisa ditawarkan ke pedagang-pedagang bakso bakar atau dititipkan ke warung-warung. Jadi tidak perlu modal menyewa kios. Terpenting punya freezer untuk menyetok pentol bakso yang sudah dibungkus dengan kemasan vacum bag.

Itulah 20 bisnis kuliner untuk mahasiswa yang ingin terjun ke dunia wirausaha. Adakah salah satunya menarik minat Anda?

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba