Inspirasi Bisnis

Wow, Bisnis Kuliner ini Sedang Booming !

wow- bisnis-kuliner-ini-sedang-booming-!

Lumpia Buah Segar https://id.tastemade.com

Baru-baru ini muncul bisnis kuliner dengan tampilan unik. Makanan ini berbahan dasar buah dan sayur yang disajikan dalam bentuk yang berbeda  dari yang lainnya yaitu salad. Seperti yang kita ketahui biasanya salad disajikan di dalam mangkuk namun kini muncul dengan tampilan berbentuk gulungan atau sekarang disebut dengan salad roll. Nah dengan tampilan baru ini dinilai sangat praktis karena salad bisa dinikmati dimana saja bahkan saat berkendara ataupun dengan kegiatan lainnya.

Makanan ini bahannya menggunakan rice paper sebagai pembungkus. Rice paper ini sekarang bisa didapatkan di supermarket terdekat. Caranya pun cukup mudah, rice paper direndam air hangat dan tekstur sedikit lembek namun masih kokoh. Sederhananya salad roll berisi berbagai macam variasi buah dan sayur dengan ditambah bahan-bahan lainya seperti telur, daging atau seafood.

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan inovasi baru kuliner ini, namun makanan ini sedang booming akhir-akhir ini. Untuk anda yang sedang mencari peluang usaha, ide bisnis kuliner salad roll ini bisa anda jadikan salah satu pilihan.

Salad sendiri merupakan makanan sehat yang terdiri dari bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Dengan perkembangan bisnis kuliner yang tumbuh pesat kini salad menjadi makanan sehat yang beragam inovasinya dengan tambahan bahan makanan lainnya seperti jelly, nata de coco, nata de aloe vera. Bahkan dengan tambahan berbagai makanan lainya seperti seafood, ikan, udang, telur, daging ayam bahkan daging sapi yang dihidangkan dengan dressing atau hanya dengan buah segar saja.

Seperti namanya salad buah terdiri dari berbagai macam buah dan sayur yang tentunya sangat menyehatkan bagi tubuh kita. Makanan ini pun sangat cocok sekali dengan musim di Indonesia sekarang ini yang cenderung panas. Cara menyajikanya pun cukup mudah dan praktis. Inovasi ini muncul karena jika biasanya orang banyak yang tidak menyukai makanan berbahan dasar sayur dan buah.

Kini dengan ide baru yang unik ini menjadikan awalnya orang-orang yang tidak menyukai buah dan sayur kini mulai menyukai menyantap makanan sehat ini. Buah-buahan serta sayur-sayuran ini kaya akan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B tentu menjadikan makanan ini sangat sehat untuk dikonsumsi jangka panjang. Bahkan makanan ini aman untuk dikonsumsi dari berbagai kalangan, mulai dari anak balita, anak-anak, dewasa, remaja orang tua hingga lansia.

Jika dilihat dari pangsa pasarnya bisnis kuliner tentu terlihat cukup menjanjikan bukan? Apabila sebelumnya booming salad buah dalam mangkuk dengan berbagai varian rasa saus yang ramai pembeli sampai over antri. Kini bukan tidak mungkin inovasi baru salad roll ini  dapat bersaing juga dengan pengusaha salad sebelum-sebelumnya yang telah sukses. Saat ini belum begitu banyak yang menjual salad roll dan pengusaha salad roll ini mengaku kualahan dengan banyaknya permintaan yang semakin meningkat. Anda mau coba usaha kuliner salad roll ini?

Analisa SWOT salad roll

Kekuatan (Strenght)

Menjual berbagai macam varian buah dan sayur yang segar untuk semua kalangan, mulai dari balita, anak-anak, orang dewasa hingga orang tua. Harganya pun cukup terjangkau mulai dari tingkat menengah hingga rendah. Salad buah diproduksi dengan berbagai macam bahan yang segar serta sehat karena menggunakan bahan baku sayur dan buah. Kekuatan lainnya pun dari berbisnis salad roll ini adalah hanya memproduksi salad roll ketika ada pesanan sehingga salad ini pun benar-benar sampai ke tangan konsumen masih segar.

Kelemahan (Weakness)

Makanan tersebut berbahan dasar buah dan sayur sehingga tidak tahan lama, bahkan karena pembuatanya hanya saat ada orderan maka apabila ada pesanan yang terlalu banyak dalam waktu yang sama untuk usaha rumahan yang masih memiliki tenaga sedikit akan kualahan. Selain itu dengan mudahnya mendapatkan bahan-bahan tersebut menjadikan produk ini mudah untuk ditiru.

Peluang (Opportunity)

Melihat permintaan yang meningkat dan dengan inovasi yang terus-menerus menjadikan peluang usaha salad roll ini cukup menjanjikan. Pilih tempat berjualan yang strategis agar mudah dijangkau dan ramai oleh klayak umum. Modal usaha yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini pun terbilang cukup terjangkau.

Ancaman (Threath)

Apabila semakin banyaknya pesaing yang menjual salad dengan harga rendah sedangkan harga buah tinggi. Hal tersebut bisa menjadi ancaman tersendiri ketika berbisnis makanan ini.

Analisa 3 P

Product

Produk yang ditawarkan adalah makanan sehat salad roll yang mana makanan jenis ini merupakan camilan sehat yang kaya akan vitamin dan manfaat untuk tubuh kita

Price

Harga yang ditawarkan mudah terjangkau untuk kalangan masyrakat menengah hingga bawah

Promotion

Gunakan social media sebagai tempat untuk memasarkan produk tersebut, dengan menawarkan lewat social media seperti Instagram maka produk anda akan mudah dikenal oleh masyarakat. Atau anda dapat mencoba bergabung dengan GoFood, biasnaya dari pengalaman para pengusaha yang sukses mereka mengatakan bahwa dengan bergabung dengan aplikasi tersebut bisnis mereka mengalami peningkatan dan omzet yang didapatkan naik berkali-lipat dengan cepatnya.

Tips Memulai Usaha Kuliner Salad Roll

Memulai usaha baru memang tidak mudah, apalagi harus besaing dengan para penguaha sukses salad yang terlebih dahulu menekuni bidang ini. Namun berikut ini ada beberapa cara memulai usaha kuliner salad roll, yaitu :

Kreatif dan Inovatif

berbisnis makanan memanglah tidak mudah, untuk dapat bersaing dengan pengusaha makanan salad roll lainya. Maka anda harus lebih berani memberikan inovasi dan kretivitas dalam produk anda. Buatlah tampilan yang berbeda atau inovasikan dengan tambahan bahan yang unik namun tetap tidak mengubah rasa.

Bahan Berkualitas

Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas bahan baku, ketika bahan baku yang digunakan berkualitas dan baik maka rasanya pun akan segar. Manfaat dari buah dan sayur pun tidak berkurang.

Kemasan

Kemasan yang unik dan menarik tentunya sangat membantu dalam mempromosikan produk anda. Selain melindungi  makanan dari paparan sinar matahari dan partikel kecil lainya, fungsi kemasasan juga berguna untuk menarik para konsumen. Maka buatlah kemasan produk anda menjadi lebih menarik dan unik.

Berikan Diskon

Untuk memperkenalkan produk yang anda jual pertama kali anda bisa lakukan promosi produk dengan memberikan diskon tertentu atau memberikan kupon untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Bergabung dengan GoFood

Bagi pemula untuk membantu peningkatan penjualan produk bisa dilakukan dengan bergabung aplikasi GoFood. Dari pengalaman para pengusaha yang lebih dulu sukses keuntungan dengan bergabung dengan aplikasi ini adalah mampu meningkatkan penjualan berkali lipat dari biasanya. Hal tersebut membantu produk untuk lebih dikenal masyarakat.

Demikian tadi beberapa cara memulai usaha baru kuliner salad roll yang sedang booming pada akhir-akhir ini.