Video Praktisi

Tips Menghadapi Kompetitor, Owner Poyeng Knit Shop

Bagi orang yang gemar menulis, dunia ini sungguh sangat mengasikkan. Apalagi jika tulisan itu bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Anda bisa curhat dalam tulisan, bisa menuangkan isi pikiran Anda, bisa juga menuangkan ide-ide yang brilian Anda, bisa bercerita nyata atau juga fiksi atau tulisan-tulisan lainnya. Jika Anda ingin mengubah hobi tulisan menjadi sebuah bisnis maka tulisan Anda pun harus berkualitas, berbobot dan klo bisa disesuaikan dengan selera pasar saat ini.

Kegemaran menulis tidak serta merta diikuti oleh penerimaan naskah yang Anda ajukan ke penerbit. Untuk itulah menerbitkan sendiri  sebagai self publishing dapat Anda jadikan sebagai alternative terhadap naskah-naskah tulisan Anda. Sebagai permulaan dan jika modal Anda tidak terlalu besar, Anda hanya perlu mencetak karya Anda dan menjadikannya buku dalam beberapa eksemplar saja. Yang  jelas keuntungan yang lebih besar akan Anda peroleh dibanding jika Anda memberikan naskah kepada penerbit lain untuk diterbitkan.

Konsumen
Konsumen target Anda tentu saja bergantung pada peminat atau pembaca karya yang Anda terbitkan. Namun, ada baiknya Anda mencermati atau melakukan riset pasar untuk mengetahui apa buku-buku yang banyak diinginkan oleh pembaca. Misalnya saja buku novel, biografi, politik, dll.