Inspirasi Bisnis

3 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula

3-cara-mendapatkan-uang-dari-internet-untuk-pemula

Menjadi pekerja kantoran dengan jam kerja 9-5 bukan lagi jalan karir yang harus Anda tempuh untuk mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya. Di era digital seperti saat ini, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan harian. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan promo Black Friday untuk membuat website.

Dengan modal membeli cloud hosting murah untuk website, Anda bisa mulai membuat konten yang mendukung portofolio keahlian Anda. Punya skill memasak? Bu ktikan dengan rutin membuat artikel resep masakan di blog. Bisa mendesain baju bahkan menjahitnya sendiri? Buatlah konten OOTD (Outfit Of The Day) dengan baju hasil jahitan Anda di blog.

Baca juga: Mudahkan Pelanggan dengan 3 Halaman Ini di Website Toko Online Anda

Walau begitu, menjadi blogger bukanlah satu-satunya cara untuk Anda yang ingin bekerja mandiri dengan mengandalkan internet. Ada berbagai cara lain yang dapat dilakukan jika Anda ingin menghasilkan pendapatan melalui dunia digital. Melalui artikel ini, kami akan  memberikan referensi beberapa cara untuk mendapatkan uang dari internet untuk pemula.

1. Menjadi pengajar kelas online untuk anak-anak

menjadi-pengajar-kelas-online-untuk-anak-anak

Memiliki keahlian tidak akan ada artinya apabila Anda hanya menyimpannya sendiri. Akan lebih baik apabila Anda tidak hanya mengandalkannya dalam ranah pekerjaan, tetapi juga membagi pengetahuan tentang keahlian yang Anda miliki kepada orang lain. Menjadi pengajar kelas online untuk anak-anak bisa jadi salah satu pilihan cara yang Anda lakukan.

Baca juga: 5+ Website Belajar WordPress Online untuk Para Pemula

Di jaman yang serba maju seperti ini, terdapat makin banyak opsi yang bisa ditempuh untuk mampu mengajar secara online. Bisa saja Anda membuka kelas sendiri dengan metode konsultasi melalui platform messenger seperti WhatsApp atau LINE. Anda juga dapat masuk ke dalam platform pendidikan yang ditujukan khusus untuk para pengajar dan pembelajar online.

Saat ini, ada banyak platform pendidikan yang bisa Anda manfaatkan untuk melatih kemampuan sebagai tutor online, seperti Ruang Guru, Udemy, Skillshare, BitDegree, dan lain-lain. Jika Anda sudah mencapai tingkat profesional, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan ribu rupiah per jamnya.

2. Menjadi narator aplikasi audiobook

menjadi-narator-aplikasi-audiobook

Pernah mendengar aplikasi semacam Audible atau Nook? Jika Anda familiar dengan keduanya, berarti Anda cukup paham tentang audiobook. Tidak bisa dipungkiri bahwa market untuk aplikasi ini bisa dibilang semakin melejit dari segi popularitas. Dari segi penggunaan, audiobook dinilai lebih praktis bagi mereka yang ingin “membaca” sambil mengerjakan pekerjaan lain.

Baca juga: 5 Kesalahan Digital Marketing yang Harus Anda Hindari

Walau begitu, masih banyak buku yang masih belum memiliki format audiobook. Padahal opsi audiobook ini bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi para penulis buku. Keuntungan tersebut tak hanya berupa uang, namun juga meningkatnya apresiasi terhadap sang penulis.

Maka, jika Anda senang membaca dan merasa memiliki suara yang bagus, jangan ragu untuk mencoba terjun menjadi narator audiobook. Untuk memulainya, Anda bisa mendaftar terlebih dulu melalui ACX, sebuah platform yang dapat menghubungkan para narator audiobook dengan para penulis buku.

Baca juga: Belajar Coding Secara Online Melalui 5 Website Berikut

Setelah Anda berhasil mendaftarkan diri di ACX, persiapan awal yang perlu Anda lakukan adalah tools recording yang mumpuni, seperti microphone dan recording software berkualitas untuk mengolah audio rekaman suara. Akan lebih baik lagi jika Anda mengumpulkan audio portofolio tersendiri untuk lebih meyakinkan calon klien sebagai narator audiobooknya.

3. Bergabung dalam program afiliasi

bergabung-dalam-program-afiliasi

Tidak memiliki produk, tapi bisa mendapatkan uang dari komisi penjualan, itulah cara kerja dari program afiliasi. Melalui program ini, Anda hanya perlu mempromosikan produk dari suatu brand dengan menyertakan link afiliasi atau kode voucher  melalui blog pribadi atau platform media sosial yang Anda punya.

Lalu jika Anda sudah memiliki link afiliasi, bagaimana caranya untuk memaksimalkan link afiliasi yang sudah Anda dapatkan? 

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang berkaitan dengan produk brand di mana Anda bergabung sebagai affiliate. Konten tersebut bisa berupa deskripsi produk, ulasan, hingga rekomendasi produk yang cocok digunakan oleh para pembaca blog Anda.

Baca juga: Sukses di Marketplace? Ini 5 Alasan Bisnismu Harus Buat Website Sendiri

Selanjutnya, optimasi konten tersebut menggunakan SEO, terutama jika Anda menggunakan blog sebagai media promosi program afiliasi tersebut. Dengan menggunakan SEO, konten Anda akan lebih mudah ditemukan melalui mesin pencarian dan kemungkinan bagi para pembaca untuk menuju link afiliasi Anda akan lebih besar.

Kesimpulan

Mendapatkan uang dari internet bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Betul, dengan bermodalkan internet dan perangkat digital lain seperti laptop atau smartphone, Anda sudah bisa meraih penghasilan layaknya para pekerja kantoran.

Jika awalnya Anda hanya menjalaninya sebagai pekerjaan sampingan, sangat terbuka kemungkinan untuk menjadikannya pekerjaan utama yang menghidupi kebutuhan Anda setiap harinya. Cara-cara seperti menjadi pengajar kelas online untuk anak-anak, narator audiobook, hingga bergabung sebagai affiliate bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari internet.

Walau begitu, seluruh cara tersebut juga membutuhkan waktu hingga akhirnya bisa memberikan Anda pemasukan rutin untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan menyerah dan terus lakukan usaha yang terbaik. Selamat mencoba!