Peluang Usaha Bakso Bakar, Paling Menjanjikan Cepat Balik Modal

Kalo membahas soal kuliner bakso memang tak pernah ada habisnya. Ada berbagai jenis dan macam olahan bakso yang sampai saat ini masih trending. Kebanyakan para pelaku usaha memilih bakso berkuah untuk dijadikan menu utama dalam usahanya. Mulai dari bakso aci, bakso granat, kerikil, bakso lobster, bakso tusuk dan masih banyak lagi. Kuliner bakso memang sudah sejak lama populer dan selalu jadi idola para masyrakat dimanapun berada.

Bakso selalu tampil disandingkan dengan kuah yang segar dan menggoda untuk dinikmati. Kehadiran bakso bakar tentu memberikan warna tersendiri. Bakso bakar selalu sukses mengambil hati para penggemarnya. Selain tampilanya yang lebih menyala dan menggoda, rasanya pun jadi lebih nikmat dengan bubuhan bumbu pedas yang dibakar. Sensasi aroma bakar dan asap yang menempel pada bakso bakar mampu memikat penggemarnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is Peluang-Usaha-Bakso-Bakar-Paling-Menjanjikan-Cepat-Balik-Modal-720x432.jpg

Bakso bakar sukses menjadi makanan yang selalu laris dipasaran. Begitu banyaknya para penikmat bakso bakar ini membuatnya selalu laris manis dijajakan hanya dalam hitungan jam. Potensi bisnis bakso bakar sejauh ini masih sangat cerah. Kepopulerannya ini yang menjadikan peluang bakso bakar terus saja menjanjikan. Maka usaha kuliner yang satu ini patut untuk dipertimbangkan.

Peluang Usaha Bakso Bakar

Bakso disajikan dengan cara yang berbeda yakni ditusuk dan diberi olesan bumbu rempah. Biasanya satu tusuk berisi setidaknya 3-4 butir bakso. Ada yang menarik nih beberapa pedagang sengaja melengkapi bakso bakar dengan saus kacang dan lontong, layaknya sate. Namun ada juga sebagian lainnya yang hanya melengkapi sate bakso dengan campuran saus sambal dan kecap saja.

Meskipun bakso bakar merupakan menu yang hadir sudah sejak 10 tahun yang lalu trend di pasaran. Namun antusias konsumen terhadap bakso bakar ini tetap saja tinggi. Terlebih lagi selain rasanya yang gurih dan nikmat serta harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Harga 1 tusuk bakso berkisar sekitar Rp 2.500 saja.

Dengan menambahkan sedikit inovasi pada usaha bakso yang dijalankan. Tak sedikit kini para pengusaha berhasil mempertahankan para pelanggan yang sudah ada. Bahkan mampu memperluas peluang pasar untuk mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Sensasi keunikan yang diperoleh ketika menikmati bakso bakar, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga mereka tidak pernah bosan untuk menikmati berbagai varian kuliner bakso yang ditawarkan para pedagang.

Analisa Ekonomi

Asumsi 
Estimasi dalam 1 hari mampu menghabiskan 1,5kg bakso ayam, atau sama dengan 330 biji. 
Jika dijadikan dalam 1 porsi (isi 4) jadi 80 tusuk setiap harinya. 

Modal Awal 
Etalase mini                                          Rp   165.000
Tungku bakaran                                        Rp    50.000
Baskom, piring, sendok, mangkuk, kuas                 Rp    35.000
Botol saus kecap                                      Rp    10.000
Panci                                                 Rp    55.000
Banner 2 x 1 meter                                    Rp    30.000
Total                                                 Rp   345.000
                 

Biaya Operasional 
Bakso ayam isi 110 (Rp 12.000 x 3) x 30 hari           Rp 1.080.000
Gas 3kg @Rp 23.000 x 15 hari                           Rp   345.000
Plastik isi 50 lembar (@Rp 11.000 x 2) x 30 hari       Rp   660.000
Bumbu Rp 20.000 x 30 hari                              Rp   600.000 
Kecap dan saus Rp 15.000 x 30 hari                     Rp   450.000
Tusuk sate (800) @Rp 11.100  x 3                       Rp    33.300
Total                                                  Rp 3.168.300

Biaya Penyusutan 
1/12 x  Rp 345.000                    = Rp 28.750
Keuntungan 
Asumsi perhari laku 80 tusuk ( 1 tusuk isi 4 buah) 
Omset per hari  80 tusuk x Rp 2.500   = Rp   200.000
Omset per bulan Rp 200.000 x 30 hari  = Rp 6.000.000

Laba bersih 
Laba bersih adalah pendapatan dikurangi modal awal
Jadi, laba bersih Rp 6.000.000 – Rp 3.168.300 = Rp 2.831.700

Prospek

Melihat prospek usaha bakso bakar ini nampaknya cukup menarik. Jika dijalankan tidak akan mendatangkan kerugian malah keuntungan yang besar. Sebab selain modal yang dibutuhkan masih sangat terjangkau. Usaha jenis ini bisa dijalankan dengan skala kecil.

Bisa dijalankan dirumah dengan mengandalkan halaman rumah atau dapur rumah. Bahkan untuk jangka panjang usaha ini masih diperhitungkan karena cukup menjanjikan. Penikmatnya yang lumayan besar dari berbagai kalangan ini menjadikanya terus berkembang. Bahkan dari dulu penggemarnya selalu ada tak pernah surut.

Jadi bisa dipastikan jika usaha ini memang menjanjikan dan kedepanya akan terus bertahan. Hanya saja untuk membuatnya bisa bersaing dipasaran harus ada inovasi baru yang lebih menarik. Baik dari segi rasa, menu, topping, varian, kemasan dan lain sebagainya.

Konsumen

Usaha dibidang kuliner sudah pasti banyak penggemarnya. Terutama usaha bakso bakar yang mana konsumennya sudah jelas pasti ada. Tidak sulit mencari penggemar bakso bakar karena banyak yang menyukai makanan yang satu ini. Bisa dibilang konsumen bakso bakar cukup besar karena yang menyukai meliputi anak kecil sampai orang tua. Bahkan penggemarnya datang dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat.

Kekurangan

Berbicara soal kekurangan dalam sebuah usaha sudah pasti ada, terutama untuk usaha yang menjanjikan untung besar, modal yang dibutuhkan kecil dan mudah untuk dijalankan. Resiko yang bakalan kamu hadapi adalah masalah persaingan yang tinggi dan ketat. Meski begitu kamu bisa meminimalisir dengan menghadirkan inovasi yang berbeda dari bakso biasanya. Baik dari segi rasa, varian, topping, tampilan, dan lain sebagainya untuk bisa memenangkan persaingan.

Kelebihan

Kuliner dengan berbahan dasar ayam sudah pasti banyak penggemarnya. Tentu karena sudha tidak asing lagi buat kita semua. Terutama bakso yang mana merupakan makanan sehari-hari yang biasa dengan mudah kita temui. Namun yang berbeda kali ini adalah cara makan bakso tanpa kuah dan jadi lebih menarik dengan lumuran bumbu bakar.

Bakso bakar sudah bukan menu baru lagi bagi kita semua, jadi sudah pasti kita bisa membayangkan dan tau betul rasanya. Memang nagih dan lezat bakso dipadukan dengan bumbu kemudian dibakar. Sensasi pedas, manis, asin bercampur jadi satu. Dengan aroma rasa smoke dari bakaran sangat menggoda sangat sulit untuk ditolak. Jadi siapa yang tahan ngak beli kalau ada bakso bakar lewat depan rumah kamu?

Resep Usaha Bakso Bakar

Bahan :

  • Bakso ayam siap pakai 1,5kg (330 biji)
  • kacang tanah 50 gram
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Merica 1/4 sdt
  • Gula pasir 1/2 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Cabai rawit  2 buah
  • Margarin

Cara Membuat :

  1. Pertama bersihkan bakso dengan cara dicuci kemudian rebus sebentar untuk memastikan bakso matang.
  2. Kemudian tusuk bakso dengan tusuk sate, dalam 1 tusuk bakso berisi 4 buah. Ulangi hingga semua bakso habis ditusuk.
  3. Disamping itu siapkan bumbu oles yang telah dihaluskan, kemudian masukkan dalam mangkuk besar.
  4. Lalu celupkan bakso dalam bumbu halus dan ratakan sampai semua bumbu tercampur rata.
  5. Disisi lain siapkan panggangan yang telah diolesi margarin dan kemudian panggang bakso sambil sesekali diolesi margarin dan bumbu halus lagi.
  6. Tunggu hingga warna merah kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan
  7. Sajikan dengan tambahan saus dan kecap diatasnya.

Nah, menarik sekali pembahasan kita kali ini. Buat kamu yang tertarik dengan usaha makanan bakso bakar ini. Tidak ada salahnya menjajal dan jika perlu hadirkan inovasi baru didalamnya. Jadikan usaha ini sebagai peluang usaha baru yang bisa kamu jalankan. Semoga  bermanfaat dan semoga bisa memberikan inspirasi usaha bagi kamu para calon pengusaha.

12 Komentar

Leave a Comment