Pemanfaatan Kulit Pisang Jadi Yoghurt Yang Menyehatkan

ilustrasi yoghurt pisangSebagai salah satu buah yang tak mengenal musim, persediaan pisang tentunya tidak hanya melimpah di pasar bebas namun juga memberikan sejuta manfaat bagi para konsumennya. Bahkan kandungan nutrisi pada pisang tidak hanya didapatkan dari daging buahnya saja, namun juga bisa diperoleh dari limbah kulit pisang yang biasanya hanya di buang ke tempat sampah.

Melihat banyaknya manfaat yang terdapat pada kulit pisang, lima mahasiswa MIPA UNY yang terdiri dari Ratna Wirawati, Manna Wassalwa, Zamzam Fatma Ambarsari, Feby Kristifany dan Anita Setyorini terdorong untuk mengolah limbah kulit pisang menjadi produk yoghurt. Inovasi ini sengaja Ia ciptakan mengingat selama ini kulit pisang hanya dianggap sebagai limbah dan dibuang ke tempat sampah, padahal ekstrak kulit pisang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan konsumennya.

Bila rata-rata setiap 100 gram daging pisang mengandung 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, 27 gram pati, vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan 0,5 gram serat, maka  kulit pisang mengandung karbohidrat sebesar 18,50%, vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, lemak, pektin dan air sebanyak 68,90%.

Ekstrak yang terkandung dalam kulit pisang bahkan dipercaya bisa mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada kulit pisang mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood, selain itu ekstrak pisang juga berfungsi untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.

Cara Membuat Yoghurt Kulit Pisang

yoghurt kulit pisangMeskipun inovasi baru ini memiliki nilai manfaat yang cukup tinggi, namun untuk bisa membuat yoghurt kulit pisang caranya tidak tertalu susah. Kulit pisang yang dipergunakan adalah kulit pisang bagian dalam, yang kemudian dihaluskan menggunakan mixer hingga menjadi cream kulit pisang. Setelah cream kulit pisang tersebut siap, pertama-tama buatlah adonan yoghurt dengan takaran 1 liter cream kulit pisang dicampur dengan 0,5 kg gula pasir lalu disterilkan atau dipasteurisasi dengan cara memanaskan adonan cream kulit pisang tersebut hingga suhu 73ºC selama 15 menit dengan  menggunakan panci, kompor dan termometer.

Selanjutnya, langkah kedua yaitu masuk ke proses kulturisasi dimana Anda bisa memasukkan bibit yoghurt dan susu bubuk putih ke dalam adonan. Yang dimaksudkan dengan bibit yoghurt disini adalah yoghurt yang sudah jadi sebanyak 0.05 liter dan 0,25 gr susu bubuk putih ditambahkan ke dalam cream kulit pisang yang sudah dipasteurisasi terlebih dahulu.  Cream kulit pisang yang sudah dikulturkan tersebut kemudian dihangatkah dalam suhu 45ºC selama 24 jam atau disebut sebagai proses inkubasi yang dilakukan dengan menggunakan kardus berventilasi, ditempeli dengan bohlam yang diatur sedemikian rupa agar lampu bohlam yang digunakan mampu memberikan kehangatan ke susu tersebut.

Setelah cream kulit pisang diletakkan dalam kardus selama 24 jam, lalu yoghurt kulit pisang yang sudah jadi dimasukan ke dalam kulkas agar citarasanya lebih nikmat dan daya tahannya bisa lebih lama.

Kreativitas para mahasiswa MIPA UNY yang tertarik memperkenalkan Pemanfaatan Kulit Pisang Jadi Yoghurt Yang Menyehatkan ini tentunya mendapatkan banyak apresiasi dari berbagai kalangan, sehingga tidak heran bila lima sekawan ini sempat meraih dana dari Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 silam khususnya di bidang Kewirausahaan.

Semoga informasi berita bisnis yang mengangkat keunikan produk olahan pisang ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inspirasi bisnis bagi para pemula yang sedang bingung mencari peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://dietsinreview.s3.amazonaws.com/diet_column/wp-content/uploads/2011/08/banana-yogurt.jpg
2. http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/yoghurt-kulit-pisang-ilustrasi-_110816141211-906.jpg

Comments are closed.