Tips Sukses Berbisnis Bimbingan Belajar

bimbingan belajarBanyaknya orang tua yang menginginkan anak – anaknya cerdas dan pintar, mendorong para orang tua memberikan anak – anak mereka les tambahan diluar jam sekolah. Hal ini menjadi peluang usaha bagi par pelaku bisnis maupun para pendidik. Apabila kita mempunyai kemampuan  di bidang ilmu pengetahuan yang bagus serta bisa sabar dalam menghadapi anak – anak, tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menangkap peluang usaha tersebut.

Bisnis bimbingan belajar telah berkembang sejak lama, bisnis ini manjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Bahkan, kini banyak lembaga bimbingan belajar yang berkembang menjadi franchise. Sasaran pengguna jasa dari usaha ini cukup beragam, mulai dari anak SD hingga SMA. Baik bimbingan belajar secara regular ataupun bimbingan belajar program musiman yang biasanya dipersiapkan untuk menghadapi ujian semester ataupun kelulusan dan ujian masuk sekolah ke tingkat selanjutnya.

Bisnis ini termasuk mudah, karena hanyalah mengandalkan kemampuan kita dalam ilmu pengetahuan dan ilmu mendidik anak. Untuk memulai bisnis ini, berikut kami berikan beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha bimbingan belajar.

  1. Kemampuan mendidik anak – anak atau remaja ( tergantung tingkatan pendidiknya ), menjadi modal utama dari bisnis ini.
  2. Kemampuan mencari tenaga pendidik yang sesuai dengan bidang pelajaran masing – masing.
  3. Menguasai materi – materi pelajaan dasar, seperti matematika dan ilmu exact lainnya.
  4. Megajarkan materi bimbingan yang tidak jauh berbeda dengan materi yang akan diujikan.
  5. Mengatur jadwal bimbingan belajar yang sesuai, baik untuk murid maupun untuk tenaga pengajar.
  6. Membuat modul pengajaran untuk setiap paket bimbingan belajar.
  7. Kemampuan bekerjasama dan berkoordinasi dengan tenaga pengajar dan tenaga pembantu lainnya.
  8. Mempunyai bangunan dengan banyak ruangan atau kelas untuk proses belajar – mengajar, administrasi, ruang tamu / ruang tunggu, kamar mandi, dan lahan parkir.
  9. Inventaris kelengkapann belajar juga harus tersedia, seperti kursi, meja, dan whiteboard.
  10. Modal untuk kegiatan operasional, diantaranya buku modul, ATK serta gaji pengajar dan  tenaga pembantu lainnya seperti bagian administrasi dan keuangan, serta bagian kebersihan.

usaha - bimbelBila semua telah terpenuhi, maka tahapan selanjutnya adalah strategi pemasaran yang harus dipikirkan. Untuk memperoleh hasil bimbingan yang berkualitas, carilah pengajar dari sumber yang terpercaya kualitasnya, misalnya saja para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Selain pengajar yang berkualitas, tempat yang strategis juga sangat berperan penting bagi bisnis tersebut. SDM, dan tempat yang strategis juga harus didukung dengan fasilitas lengkap serta urusan administrasi yang jelas. Dengan kualitas yang bagus, maka promosi pemasaran yang dilaksanakan juga tidak akan susah dilakukan. Dengan menjalin kerjasama dengan sekolah – sekolah yang ada di sekitar, menjadi salah satu cara promosi yang efektif selain membagikan brosur, pamflet, serta membuat program – program khusus potongan harga. Dengan begitu sukses dengan menjalani bisnis jasa bimbingan belajar tidaklah sulit diraih lagi. Berbisnis jasa, bisnis sepanjang masa. Salam sukses selalu untuk usaha yang dijalankan.

Sumber gambar : http://www.klubguru.com/content/data/upimages/bimbel_persiapan_unas.jpg dan http://id.media2.88db.com/DB88UploadFiles/2008/06/24/6C639B1E-EA73-455B-8288-468F4045459E.gif

54 Komentar

  1. Slamat siang, saya inginj bertanya kepada Bapak / Ibu ni ya, gimana agar bimbingan belajar yang ada di rumah kami bisa berkembang/ sesuai jumlah. Saat ini hanya 7 siswa, dan masyarakat disekeliling rasanya kurang tanggap. Trim.

  2. bagaimana kiat jitu mempromosikan bimbel di lingkungan yang daya belajar masyarakatnya kurang, terimakasih

    • Selamat siang Ibu Yuyun. Untuk mempromosikan bimbingan belajar di daerah yang daya belajar masyarakatnya kurang, Ibu bisa mencoba memberikan program gratis selama 1-2 minggu untuk mengikuti bimbingan belajar di lembaga pendidikan yang Ibu jalankan. Dengan begitu Ibu Yuyun bisa coba memperkenalkan sistem pembelajaran yang diterapkan dan tidak menutup kemungkinan ada beberapa anak yang tertarik melanjutkan bimbingan belajar setelah program promosi tersebut berakhir. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. Assalamualaikum,
    Saya sudah menjalankan bisni Bimbel selama 5 tahun, dari 2010 berawal hanya menggunakan ruang tamu sampai membangun kelas sendiri di tanah kosong depan rumah, sejak 2013 saya sudah memperoleh SK ijin operasional Disdik setempat. saat ini banyak ada beberapa orang tua siswa yang ingin mewaraba laba bimbel saya. Pertanyaan saya apakah ada persyaratan khusus jika ingin mewaralaba bisnis saya, misalnya harus berbadan hukum atau memiliki sertifikat merek dll. mohon pencerahannya.
    Terimakasih
    Salam
    Nitro

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk bisa mewaralabakan bisnis bimbingan belajar yang Bapak Nitro jalankan, Bapak bisa melengkapi beberapa persyaratan berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. Saya sudah mengajar selama 12 tahun dan mendirikn bimbel 3th ini,untuk th ke-3/ th ini peserta bimbel tidak lagi melanjutkn belajar di bimbel kami,kmrn peserta 25 siswa. Bagaimana cara meningkatkn konsumen serta kualitas bimbel?

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu meningkatkan kualitas bimbingan belajar yang Ibu Sri Wahyuningsih jalankan, kami persilahkan untuk mengakses link berikut, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  5. asslmualaikum…sdh setahun ini sy buka les privat untk sd-SMA di desa pulau yg pendapatan masy rendah. Sistem yg sy pakai face to face atau maksimal 2 siswa per pertemuan,krna sy menjg kualitas. jd terkdg bnyak yg sy tolak. saat ini msk thn kedua,animo org tua memasukkan ke bimbel sy besar,tp kendalanya sy susah mncari tenaga pengjar. yg sy tanyakan,apa yg hrus dilakukan spy bimbel sy bisa berkembang?terima kasih

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, mengingat tenaga pengajar yang terbatas ada baiknya bila Ibu Yanti menggandeng beberapa mahasiswa yang ada di sekitar lokasi Ibu untuk diajak bergabung menjadi tenaga pengajar freelance. Sebagai tambahan referensi, Ibu Yanti dapat membuka link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.