Tips Membangun Bisnis Cafe

kafeSekarang banyak orang yang mendirikan cafe di kota- kota besar atau kota – kota kecil. Apalagi jika terdapat tempat yang strategis, maka biasanya banyak bermunculan cafe – cafe. Differensiasi setiap cafe juga memiliki keunggulan masing – masing, ada yang untuk baca buku, nonton film, penggemar motor, penggemar seni, mahasiswa, dll.

Namun tidak semua cafe yang berdiri ini berhasil sesuai dengan rencananya. Kebetulan tim bisnisukm bertugas meliput beberapa cafe atau rumah makan di sekitar Yogyakarta, sehingga kami mendapatkan banyak sekali masukan – masukan mengenai usaha ini.

Dari beberapa masukan tersebut, ada kewajiban yang harus dilakukan sebagai pemilik cafe. Yaitu membentuk atau merangkul sebuah komunitas. Entah apa itu komunitasnya dan dimana saja, namun komunitas merupakan bagian penting dari sebuah cafe. Tanpa mereka (komunitas) cafe bisa langsung bangkrut atau tutup usaha.

Tips Merangkul & Mempertahankan Komunitas

Disini akanĀ  dijelaskan beberapa cara bagaimana merangkul dan mempertahankan komunitas tersebut.

  1. Cari dan temukan komunitas yang ada di daerah anda, yang belum disentuh ( belum dimilikioleh cafe lainnya ). Komunitas tersebut bisa berupa komunitas besar ataupun kecil ( dilihat dari jumlah anggotanya ), atau komunitas bisa berarti orang – orang yang menggemari sesuatu.
  2. Jika anda sudah menemukan komunitas tersebut, segera untuk membuat penelitian dan lakukan pendekatan untuk memperoleh informasi. Informasi yang harus kita peroleh adalah: Suasana seperti apa yang disukai, senang dalam hal apa, bagaimana prilaku mereka jika berkumpul – kumpul, kegiatan apa yang sering dilakukan, dll.
  3. Informasi tadi berguna bagi anda untuk menentukan suasana cafe dan interiornya. Selain itu anda juga bisa melakukan promosi yang sesuai dengan keinginan mereka.
  4. Buatlah kegiatan rutin yang sesuai dengan keinginan mereka, karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka untuk berkumpul dan menikmati cafe anda.

Contoh beberapa komunitas yang bisa dirangkul : Penggemar Motor ( berbagai merek motor dan klub motor ), Pengemar Mobil, fotografi, sinematografi, kartunis, blogger, olah raga, seni, penggemar burung, baca buku, LSM, pendidikan, skateboard, BMX, Musik (berbagai aliran), penikmat kopi, teh, dll.

Tips Membangun Bisnis Cafe

  1. Cafe menengah ke bawah tidak begitu memperhatikan pelayanan dan kualitas produknya. Jika sudah memiliki keunggulan tertentu, anda bisa mengalihkan anggaran dana untuk melakukan strategi promosi.
  2. Jika Cafe yang menyasar menengah keatas, anda harus benar – benar memperhatikan masalah: pelayanan, kebersihan, kualitas produk dan sistem manajemen.
  3. Untuk produk yang memiliki keunikan tersendiri, harus dapat dipertahankan keunikannya. Jangan sampai keunikan tersebut hilang.
  4. Jika anda memiliki cafe yang memiliki keunikan tersendiri dan belum ada yang lainnya, maka anda harus melakukan branding ( penguatan merek atau differensiasi usaha ) kepada konsumen. Sehingga image usaha anda akan tertanam sebagai The First dalam usaha ini.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar :http://www.yousaytoo.com/gallery_image/pic/42648/original/remote_image.31295.0.jpg

194 Komentar

  1. Selamat malam, saya mau tanya gi mana cara nya kalau mau memulai bisnis dessert kuliner, dan bagai mana cara penataan menu yang baik. Sebaik nya apakah fokus di dessert saja atau bisa di tambahkan menu makanan berat.

  2. Minta saran Om bisnisukm. Untuk permulaan apakah perlu langsung menjual banyak menu olahan kopi(berbagai jenis minuman kopi) . Sasaran utama nya anak muda dengan konsep standar dengan sedikit modern art. Rencana lokasi Purwodadi Grobogan Jawa tengah

    • Selamat siang Sdr. Alfian, untuk menambah referensi Anda terkait info bisnis kedai kopi, silahkan mengakses 7 tips membuka bisnis kedai kopi, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. permisi. sebelumnya saya berterima kasih untuk informasi tentang tips untk membuka cafe. saya mau tanya gimana cara menjangkau org2 yg memiliki komunitas seperti geng motor dll? dan mengelola untuk membuka cafe dan bar. terima kasih (kalau berkenan bls ke email saya) terima kasih

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mengjangkau komunitas yang ada di sekitar lokasi cafe, ada baiknya bila Bapak/ Ibu mengadakan event yang berhubungan dengan komunitas tersebut di cafe Anda. Misalnya saja menggandeng komunitas pecinta motor untuk mengadakan gathering di cafe milik Anda dengan memberikan diskon atau memberikan beberapa pilihan fasilitas gratis, untuk memperkenalkan cafe Bapak ke kelompok komunitas motor. Untuk mencari komunitas yang ada di kota Anda, salah satunya bisa dilakukan dengan cara browsing di internet. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. Gan mau tanya donkk,
    Menu makanan atw minuman yang laris utk semua kalaangan apa aja yah ?
    Dan yg masak nya ngga ribet,
    Dan bagaimana cara mengelola uang yang masuk jika kita memakai karyawan,
    Terima kasih

  5. Mau tanya nih, aku mau buka mini cafe ya yg jual mcam-mcam kopi tpi aku bingung kalo mau buka kafe biasa tnpa ada jual minuman olkohol apakah hrus ada ijinnya tuh gan? Mhon infonya ya ganšŸ˜

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya bisnis cafe, restoran, warung makan, atapun kedai kopi diwajibkan mengantongi izin usaha. Untuk informasi lengkap seputar cara pembuatan izin usaha mini cafe bisa Ibu Icha akses melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  6. gan.mau tanya saya mau buka usha lalapan dan ikan bakar tpi sya bgung sya mau konsep nya rumahmakan dg kafe

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk bisnis makanan seperti lalapan dan ikan bakar, ada baiknya bila Bapak Ricky menggunakan konsep saung atau cafe outdoor. Selanjutnya untuk menambah referensi bisnis, Bapak bisa membaca artikel liputan bisnisUKM.com yang mengangkat bisnis restoran sunda, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Komentar ditutup.